Friday, November 20, 2015

Gamis Cantik untuk si Tubuh Besar

Ingin memberi hadiah pakaian muslim  buat si gadis, anak tunggal saya.
Selalu saja, saya hanya bisa menarik nafas, kecewa.*Jadi batal, deh bikin surpresi*

Setiap kami belanja pakaian di toko. Saya sodorkan pakaian, untuk dicoba di kamar ganti, langsung dia menolak, "nggak usah, Ma. Pasti nggak cukup" 
Kasihan, batin saya. Selalu terkendala dengan ukuran.

Sudah keliling cari-cari pakaian, ketemu model pakaian cantik dan simple, ukuran diperkirakan cukuplah. Eh! waktu di coba di kamar ganti. Nggak cukup, nyangkut di dada. Ukuran branya  si gadis saja 41 cup C, jadi agak repot untuk memilih pakaian. Satu kendala lagi untuk si tubuh besar, jenis kain harus benar-benar nyaman dan daya serap yang tinggi, karena umumnya, dengan tubuh besar cenderung suka berkeringat.

Sebagai seorang ibu, saya harus bisa menyiasati, agar bisa memberikan yang terbaik buat anak satu-satu saya. Bahagia sekali, jika  melihatnya terlihat cantik dengan pakaian yang dikenakan. Sekalipun, berukuran tubuh besar, bukan berarti tidak bisa bergaya dengan model pakaian seperti mereka yang bertubuh langsing. Saya selalu tekankan padanya, harus tetap percaya diri, *Big is Beautiful*

Untunglah, pangsa pasar pakaian muslim sudah mulai melirik ukuran super besar bagi wanita muslim. Apalagi model pakaian muslim yang diminati saat ini sepert gamis mulai merambah ke fashion wanita muslim. Model gamis lebih up to date membuat pemakai menjadi lebih angun dan feminim tak ketinggalan jaman, selain itu jenis kain lebih bervariasi.

Secara etimologi Gamis  yang berasal dari bahasa Arab, qomish. Gamis berasal dari bahasa serapan Arab ke dalam bahasa Indonesia, berarti kemeja. Gamis menurut saya,gamis adalah baju panjang terusan dari atas pundak sampai keujung mata kaki, pakaian yang longgar tidak membentuk pola tubuh.

Tubuh besar, sapa takut, untuk tetap modis (dokpri)

Kadang, selain membeli gamis di toko pakaian, (kalo ada kesempatan), saya suka menjahit  gamis sendiri buat anak saya. Lebih-lebih kalo lebaran, saya berusaha tampil seragam dengan buah hati. Kami memakai gamis yang sama, kalau kami di foto...cantik, cantik,cantikkk. Moment yang tak akan terlupakan.

Beberapa tips memilih Gamis untuk si Tubuh Besar:

#Pilih bentuk gamis longgar
Gamis longgar akan menutupi bentuk tubuh menjadi lebih langsing. Namun, bukan berarti longgar, selongar-longarnya, macam gadis masuk ke dalam karung beras. Longgar tapi tetap terlihat cantik, sesuai dengan aturan syariat Islam, berpakaian muslimah, tidak membentuk bentuk dan lekuk tubuh serta pakaian yang tembus pandang.

#Kerah berbentuk huruf V-Neck
Kerah bentuk V, akan memberikan kesan jenjang pada leher pendek. Namun, karena, umumnya leher pemakai gamis, tertutup dengan jilbab, tidak mengapa mengunakan bentuk bundar, tapi jangan memilih model kerah bundar yang melingkar ketat di pangkal leher(Crew-neck), ini memberi kesan bertambah gemuk seakan susah bernafas, macam orang tercekik.

#Pilihlah motif garis vertikal
Hindari motif garis horisontal, karena akan membuat tubuh semakin besar dan pendek. Pilihlah, motif garis vertikal dengan garis yang tipis dan rapat, akan memberi efek langsing.

#Hindari pemakaian corak besar
Corak besar akan menenggelamkan tubuh si pemakai,  terlihat menjadi semakin besar. Kalaupun ingin memilih kain bercorak, pilihlah bentuk corak dengan ukuran sebesar bulatan pada jempol dan telunjuk yang di satukan, ukuran itu menjadi standar corak si tubuh besar, jika tetap ingin memakai kain bercorak.

#Pilihlah kain yang adem dan nyaman
Kain jenis kaos atau katun, atau kombinasi ke duanya, lebih tepat dipakai si tubuh besar. Karena tubuh besar cenderung suka berkeringat.

#Pilihlah model yang simple
Hindari pilihan model gamis yang banyak hiasannya di dada, sebab akan menjadi pusat perhatian. Dada akan semakin besar. Pilihlah model sederhana tapi modern dengan pola lurus. Si tubuh besar akan terlihat semakin cantik dan anggun.

Beberapa tips tadi, semoga bermanfaat bagi si tubuh besar, agar dapat tampil modis dengan gamis yang cantik.









13 comments:

  1. Gamisnya cantik - cantik semua mbak :) kembaran sama mamanya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja buat, kalo lebaran, saya buat dua hari setngah untuk dua baju, biasalah kalo kepepet, terpaksa harus jadi..

      Delete
  2. kompak ihh..teh Een sm adeknya, eh... anaknya. Udah gadis yaa, bentar lagi mantu niih. undang2 klo di Cikalahang ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah 23 tahun Mbak, nanti kalo mantu minta alamat orang tuanya yang di kramat ya

      Delete
  3. alhamdulillaah ya mak sudah banyak pakaian dengan ukuran xxl. apalagi bisa njahit, beres deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mah gambang, ukurannya sudah besar-besar. jadi nggak repot lagi

      Delete
  4. Terima kasih tips nya mbak :)

    Saya juga lumayan gemuk dan suka gemes karena baju yang saya suka kurang cocok kalau saya yang pake


    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berukuran besar, jadi tidak semudah org langsing ya.

      Delete
  5. Wah benar juga, hiasan di pinggang itu mempercantik perut y mb een

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gemuk, taruh diatas pinggang utk menutupi perut yang besar

      Delete