Friday, November 6, 2015

Warung Mina, Ubud, Bali, Ikan Bakarnya Ajib Bener, Halal Lagi

Laparrrrr!

Obatnya, ya makan.  Berkeliling di kawasan Ubud, Bali, mencari tempat makan siang yang enak dan lezat di lidah, murah dan yang utama : Halal...dimana coba? 
Jujur, sudah beberapa hari berada  di Bali, kok selera Sunda saya mendadak lebay deh. Maunya, makan ikan bakar gurame, lalapan, sambal terasi dan es teh manis. Lebay yaaa...Dimana mencari tempat makan itu? kawasan Ubud yang umumnya terkenal menyajikan hidangan ikan laut segar, mau cari olahan dari  ikan tawar, dimana?

Kuliner tradisional khas Bali dengan citarasa  yang berbeda 


Beruntunglah saya, di kawasan Ubud, ada warung yang menawarkan olahan ikan tawar yang segar dan sehat, khususnya Gurami. Yang katanya, ikan di ambil langsung dari kolam sendiri.
Lokasinya, gampang dicari. Namanya Warung Mina, Ubud. Terletak di jalan Gunung sari. Sampai di tempat tujuan, yang melegakan parkiran yang tersedia cukup luas. Ini penting, karena alangkah repotnya mau makan harus puter-puter cari tempat parkir mobil.

Awalnya, saya pikir sebuah warung kecil, eh! tenyata lebih cocok disebut rumah makan(restoran), karena bangunannya luas. Terdiri  menjadi dua bagian, bangunan utama, berada di depan dan bangunan di belakang terdiri dari beberapa bale bengong/ gazebo atau saung dari bambu. Warung Mina, memakai konsep tradisional khas Bali ditambah layanan pramusaji yang memakai baju khas Bali, ini nilai tambah bagi Warung Mina.

Dengan menanjak sedikit, kami memilih  gazebo belakang. Suasananya nyaman, bersih dan asri. Pohon kamboja rindang menghiasi kiri kanan gazebo. Warung Mina, cocok untuk makan bersama keluarga atau teman. 
Duduknya secara lesehan,  mau tiduran juga bisa...lebay lagi..hehehe. Suka-suka kok, gazebonya lumayan luas. Suasananya serasa di kampung, alunan suara musik degung Bali, kok mirip degung Sunda. Haduh, jadi kangen pulang ke Bogor.

Tak lama Pramusaji,  dengan ramah memberikan daftar menu Warung Mina Ubud. Kami, kebetulan datang bertiga, orang sunda yang terdampar di Bali, pilih-pilih menu yang sesuai selera Sunda.
Aha... Ada sajian menarik di warung Mina, paket makanan dalam porsi besar dan harga murah meriah. Paket khusus ikan gurami dinamakan Megibung dan untuk paket berisi ayam goreng/bakar diamakan paket Mepatung. Kami memilih, menu paket makanan yang berbahan dari ikan tawar, sop ikan gurami, es kelapa utuh dan es teh manis.

Tidak begitu lama sekitar 10 menit,  pramusaji membawa pesanan kami. Yang menakjudkan, pramusaji  wanita yang memakai jarik, membawa makanan yang di angkut tangan kirinya. Naik ketitian tangga dan menanjak, kok bisa kuat dan seimbang, tanya saya heran. 
"Anggap sedang olah raga, Bu. Semenjak saya bekerja disini, saya malah tambah sehat"...jawabannya begitu enak didengar dari pramusaji yang lupa saya tanya namanya.

Paket Makanan  Megibung....komplit, lezat dan harga lokal

Yuk, mari kita santap menu Megibung.
Menu Megibung adalah paket makanan yang di hidangkan dalam porsi besar, diperuntukkan untuk disantap oleh 4 orang. Megibung  terdiri dari satu bakul nasi, ikan gurami bakar dan  goreng, dua pepes ikan lele, plecing kangkung, lalapan timun dan daun kemangi, di tambah  tahu dan tempe serta terong goreng. Sambalnya: sambal matah serai, sambar terasi dan sambal kecap.Woww!Mantef bener. Harganya, Bro...terjangkau kantong.


Tahu dan tempe sebagi menu tambahan


sop baso ikan gurami


Mari kita coba.
Ikan guraminya, dibakar bersaus kecap, ajib bener. Tapi, ikan gorengnya agak terlalu kering bagi saya.
Sambal matah serai terasi, ini luar biasa rasanya, pas di sandingkan dengan ikan gurami bakar.Ada tambahan pesan tahu dan tempe, nikmatnya, dimakan panas-panas dengan kecap manis bercampur irisan cabe rawit. Ada pula menu, yang jarang saya makan, pepes ikan lele, rasa kunyitnya dan kemanggi, pas bener.
Menu soup baso ikan gurami, juga enak sekali, rasanya seimbang dengan merica yang pas banget. Ini bener, endeus bingit. Apa ini, efek saya kelaparan hingga semua hanya ada dua rasa untuk di nilai : enak dan enak banget,

Dannn, selama di Bali ini,plecing kangkung, ditabur kacang tanah goreng itu favorit saya, Amboiiii, nikmatnya. Pedesnya mantef. Ceuk urang sunda, raos pisan.


Segerrr....

Untuk siang hari yang panas, minum es kelapa utuh, cocok dengan suasana, seger. Saya juga memilih teh es manis, biasalah....saya selalu setia dengan teh.
Di warung Mina, cocok untuk makan santai dengan keluarga, kalau saya mah, berasa lagi makan ala Sunda, enak banget, siga di lembur.

Puas menyantap sajian makan di warung Mina. Nafas sebentar, maklum kekenyangan. Setelah membayar, Kami kembali melanjutkan perjalanan menikmati Bali dengan sejuta pesonanya.


Warung Mina, Ubud.
Jalan Gunung Sari no 2 
Banjar ambengan Ubud. Bali 80227
Telp. (0361) 976504
Buka dari jam 09.00-22.00 WITA

Selamat berkunjung...pasti akan datang lagi.
Foto by Asep Mulyadi.





6 comments:

  1. Sambelnya serasa manggil2 pengen di colek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sambal matah, kok enaknya bukan main. Sampe smpe saya bikin buat loh. Uenakkk

      Delete
  2. Ya Allah, lap iler.

    Ikan dan sambelnyaaaaa....

    ReplyDelete
  3. Aku suka klo makan resto konsep gini.. ada gazebo, pohon rindang, makanan lezat.. wah bikin pengen kesana hahahha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke warung Mina. Dijamin, citarasanya pas untuk semua orang. Uenakkk

      Delete