Monday, July 27, 2015

Rujak Kangkung Dadakan Sambel Asem| Kuliner Cirebon

Lebaran tahun ini, ada tante saya dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Mumpung di Cirebon, ajak beliau jalan-jalan, dari Pasar Kramat, Pasar Minggu- Palimanan, sampai  Pasar Kanoman Kota Cirebon, muter terus. Dhilalah, saya kecapean. Akhirnya, sukses sakit kepala...ihihz.
Cara menyembuhkan sakit kepala tanpa minum obat, makanlah rujak yang puedesss. Dijamin, mata jadi cling, hidung mampet jadi meler. Efek terakhir, sakit kepala hilang, pelut mules...hihihi.
Ada loh, Jeng, kuliner khas Cirebon. Namanya, rujak kangkung. Herankan, umumnya rujak berasal dari buah-buahan. Ini, bahan utama rujak adalah kangkung air. Dinamakan rujak kangkung dadakan, karena saat akan menyajikan, kangkung yang sudah disiangi dan bersih, direbus mendadak. Kangkung  ditiriskan, selagi panas, di aduk dengan sambel asem.
Menurut saya, yang bikin ketagihan  rujak kangkung adalah rasa pedesnya sampai  level 15 (mbuhlah, berapa banyak cabe yang dipakai). Rasa pedasnya, ampunnnnn, setengah mati banget. Menyengat di lidah, bikin dower bibir. Herannya, kok malah nggak bisa berhenti makan. Disitu letak sensasi rujak kangkung, pedas, asem dan  bau terasi yang menyengat.

Untuk masyarakat Cirebon dan Kuningan, membuat rujak kangkung sudah biasa. Caranya, gampang banget.

Bahan dan cara membuatnya.
# 2 ikat kangkung air, bersihkan, dipotong, rebus dadakan.
# Sambel Asem.
- 10 biji cabe rawit.
- 3 buah bawang merah bakar.
- 2 cm terasi bakar.
-  Setengah potong gula merah, sisir halus.
- 3 mata asem jawa.
- sedikit garam dan air.

Ulek  cabe rawit, bawang merah, terasi, asam jawa, gula merah, sedikit garam, terakhir air,ulek merata. Sambel asem akan mengental sedikit berair.
Susun kangkung rebus di piring, siram dengan sambel asem. Rujak kangkung dadakan sambal asem, siap dinikmati.
Sebagai tambahan, beri kerupuk melarat  atau kerupuk mie.


Mudah bukan?
Selamat mencoba.


15 comments:

  1. *ngiler* hayoloh Mak tanggung jawab!!!

    ReplyDelete
  2. Rujak kangkung enaknya sama dengan rujak kol hihihi
    Kalau Kol gak perlu direbus, diiris mentah terus bumbunya sama dengan bumbu rujak kangkung :D
    Aku juga ada teman orang Cirebon suka bikin ginian ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh..perlu dicoba nih. rujak kol ya teh

      Delete
  3. hmmm enak nih mak cocok buat habis lebaran...biasanya makan bersantan2 semua..salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger, berserat, bikin ngantuk...etapi asam urat naik..hihihi

      Delete
  4. belum pernah coba tapi klo dimakan pake nasi kayaknya enak banget ituuu... gleksss ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah pakai nasi, tapi ada juga yg pakai nasi...cobian yuk

      Delete
  5. Jadi mupee !! :) Ni fav nya suami saya, Mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikinin atuh...cuman sambal asem bae..mbak oti.

      Delete
  6. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke nanti saya bertamu, tapi tolong jangan taruh link hidup

      Delete
  7. Kalau aku lebih suka pakai daun ubi mba, sambelnya sama sih, sambal asem.
    kalo daun ubi lebih ngiler hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joyo di solo ya Mbak, pake daun ubi. kalo di kuningan dan cirebon pake kangkung direbus dadakan

      Delete
  8. Jadi ngiler nih....kalau di Pulau Lombok adanya pelecing kangkung...tapi ada juga pelecing kangkung campur rujak..alias pelecing rujak..:)

    ReplyDelete