Saturday, June 13, 2015

Cabe Iris, Sambal Jamblang

Tau nggak, chin. Makan nggak pake sambel itu, kaya ada 'sesuatuuu' yang kurang deh. Bagai sayur tanpa garam.
Nggak bikin, eikeh bergairah, deh!
Malessss banget makan. Nah Loh! kan bisa bikin eikeh kurus...*aleysannn*
Siapa sih yang nggak suka sambel, biar  juga pedas, nggak bikin jera. Mau dan mau lagi...Ini termasuk aneh. Pedasnya cabe  bikin bibir dower  tapi nggak tobat buat menikmati sambal. Sambel harus ada dalam menu makanan.
Sambellllll, merangsang nafsu makan. Tambah dan tambah lagi..ihihihi, diet lewat.
Sambel atau sambal, bagi kuliner  Indonesia, sudah tak asing lagi. Sambel ada di masakan Nusantara yang bercita rasa pedas. Kini sambel diolah dengan  berbagai variasi. Bahan utama  sambel adalah buah cabe atau lombok,  baik cabe rawit dan cabe merah atau hijau besar. Diam-diam, cabe bermanfaat bagi kesehatan.
Salah satu kandungan cabe merah adalah Vitamin C . Tak heran, bagi yang biasa menikmat sambel, di jamin terhindar dari penyakit sariawan. Kadang, orang tua dulu cukup ekstrim mengobati sariawan. Bubuhkan sedikit cabe yang sudah di lumatkan, taruh tepat di luka sariawan....waaaaa, jejeritan, sakit yang berakhir manis, sariawan langsung sembuh...*Cobain deh, pemirsah, rasakan sensasinya.


Kembali ke sambel ya.
Pengolahan sambel, pada umumnya cabe  di ulek diatas cobek sampai halus kasar, di beri irisan tomat, sedikit terasi atau belacan.
Berbeda dengan sambel jamblang khas Cirebon, cabe merah nggak ulek, tapi di iris tipis dan jumlah yang banyak, tidak memakai terasi.
Sedikit tips, agar mengurangi panas di jari sehabis mengiris cabe. Gosok sedikit garam dapur, jari aman dari panas terbakar.
Cabe merah diiris tipis
Cara membuat sambel jamblang sangat mudah...Yuk mariii, kita mulai nyambel.
Bahan
- 1 kg cabe merah besar, di iris tipis, goreng sebentar untuk membuat layu.
- 5 buah bawang merah, di iris.
- 3 siung bawang putih, di iris.
- 1 lengkuas di keprek.
-  Sedikit garam dan penyedap.
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis.
Bahan tambahan.
- 2 ons rebusan daging tetelan/kerewedan, bisa diganti dengan hati sapi rebus, potong kotak kotak kecil.
- 1/2 kg telur puyuh rebus.
Cara Membuat
-Tumis irisan bawang putih, bawang merah sampai berbau harum, masukkan lengkuas, dan irisan cabe merah.
- Beri garam dan penyedap rasa sesuai selera (tidak memakai gula). Terakhir masukkan tetelan dan telur puyuh rebus, aduk berlahan dan biarkan sampai matang.
Rasa sambal jamblang khas Cirebon tidak terlalu pedas. Bagi penggila sambel level 10, ini sambel memang kurang joss... Nggak bikin kemeringet.
Sambal Jamblang memang pedasnya sedang, maklumlah, semua memakai cabe merah besar, bila suka, bisa di tambah cabe rawit.
Sambal Jamblang khas Cirebon sudah matang, sajikan dengan lauk pendamping.

Kebetulan, Mama saya berulang tahun ke 67 tahun. Serasi nian, sambal jamblang didampingkan dengan nasi kuning.
Mari makan.
Tak lupa berdoa pada Allah Azza Wajalla.
Pemilik kebahagiaan dan kesempurnaan memberikan umur panjang, sehat dan berlimpah keberkahan pada Mama. Aamiin YRA.
Semoga postingan ini bermanfaat.




9 comments:

  1. jamblang itu apanya mbak?
    Selamat ulang tahun utk ibunda ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamblang, sebuah kecamatan di Cirebon. Asal muasal nama Nasi Jamblang sebagai kuliner khas Cirebon. Sambalnya pun pendamping nasi, dinamakan sambal jamblang.

      Makasih ucapannya Bunda Shidqi

      Delete
  2. Replies
    1. Gurih. Yang khas, sambal di kasih daginh biar enak.

      Terima kasih sdh berkunjung.

      Delete
  3. Replies
    1. heeh...pedesnya nggak seberapa. Buat sambal jamblang, boros di cabe....padahal cabe merah lagi mahal, sekilo Rp.b30.000

      Delete
  4. Trims bu Een ats share resepnya... :)

    ReplyDelete
  5. Ngiris cabe sekilo apa rasanya mbak? Aku bayanginnya aja bingung, hehehe. Tapi aku kayaknya doyan nih resepnya!

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan serupa yang anda bisa lihat di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete