Sunday, December 6, 2015

Bolu Kukus Ketan Hitam tanpa Bahan pelembut,


Hujan selalu turun di kotaku.Menikmati, secangkir teh, sepotong kue hangat. Duduk di meja bersama rinai, di sini kumengenangmu dalam kerinduan yang teramat dalam..*melow, hihaaaa*

Sore ini, kebetulan saya membuat bolu kukus. Caranya sangat mudah. Mudahhh...silahkan dicoba, mudah.
Waktu pembuatannya sekitar 1 jam 10 menit, dijamin nggak akan gagal. Bolu sukses matangnya.
Saya lebih suka makan bolu dibandingkan cake, testurnya lebih padat, jumlah telurnya lebih sedikit dari cake. Nggak nek
Yang membedakan bolu dan cake menurut saya dilihat dari proses pembuatannya, kalau bolu; telur dan gula pasir dikocok dahulu, baru dimasukan tepung dan mentega cair/ minyak sayur. Sedangkan cake, gula pasir dikocok dengan mentega, baru dimasukan telur satu persatu.

Jadi tersenyum sendiri, bolu itu bahasa Indonesia dari cake (bahasa Inggris). Namun lama kelamaan, terjadi pergeser, bolu mah cake kampung yang sedikit telur.

Kembali ke Bolu kukus.
Bolu ini hanya mempergunakan empat macam bahan. Resepnya juga  mudah diingat, dan tanpa bahan pelembut (cake emulsifier).
Bahan bolu juga mudah sekali didapat , hanya; telur ayam, gula pasir, tepung ketan hitam dan minyak sayur.
Untuk resep kali ini, bolu mempergunakan bahan dari tepung ketan hitam karena aromanya wangi ketan hitam sangat khas dan warna hitamnya, sungguh eksotik.

Keistimewaan resep bolu kukus ketan hitam ini, tanpa mengunakan bahan pelembut, bolu kukus yang dihasilkan, tetap mekar, lembut dan enak.

Siapkan bahan-bahan:
Ukuran yang saya pakai mempergunakan gelas belimbing, *hihi, ndeso bingit* 

6 butir telur ayam
1 1/2 (baca, satu setengah) gelas gula pasir.
1 1/2 gelas tepung ketan hitam
1 1/2 gelas minyak sayur

Resep yang mudah diingat,kan. Nggak perlu buka buku resep.

Cara membuat

- Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, lembut dan berubah warna putih pucat, pergunakan mixser dengan kecepatan tinggi.
- Turunkan kecepatan mixser, masukan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
- Terakhir masukan minyak sayur, aduk dengan spatula hingga merata.
- Masukan adonan kue kedalam loyang yang sudah dilumuri minyak sayur (saya pakai loyang plastik untuk puding)
- Kukus bolu selama 40 menit hingga matang.

Taraaaa...Bolu kukus Ketan Hitam matang dengan manisnya. Rasanya lembut, aromanya pun khas.

Selamat mencoba.



3 comments:

  1. Aku jadi kepengen.. Aku pikir bolu ketan item itu pake beras ketan. Ternyata ada ya teh tepung ketan item. Ketauan deh ngga pernah bikin kue hehehe

    ReplyDelete
  2. Adaaa, beras ketan hitam dibuat tepung. Caranya gampang sekali. Selamat mencoba ya

    ReplyDelete
  3. Klo bolwh saran kayanya mnyk sayurnya segelas aja deh.. Soalnya pas udh jadi wowww luar biasa bminyak bget bun.. But anyway rasa enak, thnks reseonya bun

    ReplyDelete