Wednesday, August 19, 2015

Tumis Ikan Asin Peda Kentang Pete

Apa itu ikan asin Peda?

Ayo jawab. Jujur aja deh, apa jawabannya sama dengan saya, atau eikeh yang kudet. 

Ikan asin Peda adalah ikan laut segar yang namanya Peda, diberi garam menjadi ikan asin Peda.
Ikan Peda itu, nama ikan laut.
Ealahh, ternyata eikeh salah. Kemana aje eikeh selama ini. Baru kali ini, suer! baru tau. Ikan peda bukan nama ikan. Ketidak tahuan saya ini terjadi hari ini, saat  saya mau masak tumis ikan asin peda, cabe ijo, petai...*itu sudah sangat mainstream. Tumis ika asin peda,  saya kasih sedikit kentang goreng. Ini terinspirasi dari masakan Padang, seperti menu teri balado dengan kentang goreng, jengkol goreng balado kentang goreng. Setelah olahan peda di eksekusi ditambah sedikit kentang goreng. Rasanya....hmmm, enakkk pake banget. Hihiji, saya yang masak,memuji masakan sendiri, tidak termasuk dalam dosa...hehehe.

Sebelum saya sajikan masakan Peda. 
Bahas lebih dahulu tentang ikan asin peda dari berbagai sumber. Ikan asin peda ternyata, hasil tehnologi perikanan secara tradisional.
Menurut, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Peda dalam arti nomina(kata benda), ikan asin hasil pengawetan dengan pengaraman yang tidak disusul  dengan pengeringan. 
Ikan asin peda, adalah  salah satu hasil pengaraman dengan bahan baku ikan yang tidak dikeringkan lebih lanjut tetapi dibiarkan setengah basah, sehingga proses fermentasi tetap berlangsung dan secara spontan, tanpa diberi mikroba.
Proses Fermentasi berlangsung selama 1-2 minggu, ikan ditutup garam dalam wadah yang ditutup rapat. Untuk menghasilkan produk yang bekualitas baik, wadah ditaruh ditempat bersih dengan kelembaban tinggi.
Menurut Bisnis UKM,  membuatan ikan asin peda, semua jenis ikan dapat diolah menjadi Peda, akan tetapi umumnya  ikan Kembung yang sering diolah menjadi Peda.
Tak heran, ya, saya pikir ikan peda dan ikan kembung itu beda ikan, cuman mirip aja....#Salah lagi eikeh.
Eh! kesalahan saya selanjutnya, saya pikir, ikan kembung, bentuknya lebih kecil dibanding dengan ikan peda banjar, yang lebih besar dan berdaging banyak. Ternyata, itu sama-sama ikan kembung yang dibuat ikan asin peda.

Di pasar, dikenal dua macam ikan asin peda;
1. Ikan asin Peda merah(Peda siam), dibuat dari ikan kembung  berkadar lemak tinggi  dan tidak disiangi.
2. Ikan asin Peda Putih, dibuat dari ikan kembung berkadar lemak rendah dan disiangi.
Kemarin saya beli ikan asin peda Putih tak berkepala, sekilo Rp. 40.000,- kalau pake kepala, sekilo Rp 35.000,-
Memilih ikan asin peda yang kwalitas bagus, bau harumnya fermentasi gurih, segar. Penampakannya bersih dengan warna coklat mengkilap, tidak ada jamur

Saatnya masak, resep tumis ikan peda asin kentang pete.

Bahan.
2 ekor ikan asin peda Putih.
2 buah kentang, iris sedang dan goreng. 
5 siung  bawang merah, iris tipis. 
4 siung bawang putih, 
1 buah tomat besar, belah empat.
1 papan petai.  
4 cabe ijo, iris serong. 
6  cabe rawit ulek kasar dengan sedikit terasi. 
3 sdm minyak sayur untuk menumis
Sedikit gula pasir, penyedap rasa dan sedikit irisan mangga muda. 100 ml air.

#Cara Membuat, gampang banget.
- Ikan asin Peda bungkus dengan koran, rendam didalam air hangat selama 10 menit untuk mengurasi rasa asin. Goreng setengah matang.
- Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, masukan cabe ijo, tomat, ulekan cabe rawit dan terasi.
- Masukkan ikan asin peda, aduk hingga merata dengan bumbu. Berilah air, dan irisan mangga muda, penyedap rasa dan gula pasir. Setelah air sedikit berkurang (saat) masukkan kentang goreng. Tunggu tumisan hingga matang. Saya lebih suka ada air tumisan.

Masakan siap dinikmati, rasanya komplit banget, Rasa khas ikan asin peda, berbaur dengan pedas, manis, dan empuknya kentang goreng. Gurih, enak pake banget. Sajian ini,  cepat, mudah dan praktis,  bisa menjadi  salah satu menu makan siang bagi pecinta ikan asin peda.
Selamat mencoba. 
Sumber: KBBI, Tehnik Kimia Yahoo.com


8 comments:

  1. Rasanya asin asam gurih gitu ya, Mbak? Itu enak banget ada kuahnya. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuahnya yang bikin nggak kuat, mau nabaj lagee
      makasih sudah bertamu ya

      Delete
  2. Peda sama pete, tumis yang pedesss, nymmmm, kalau ketemu ini, serasa sudah tidak ingat apa-apa
    Enaaak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak diri...makin melebar bak Nefer.

      Delete
  3. Yg butuh pasokan ikan peda untuk di jual bisa hbungi sya 081288539397 sya dari indramayu mnwarkan ikan asin partai besar dgn harga pelanggan. Siap antar

    ReplyDelete