Wednesday, August 5, 2015

Kop Angin dari Bola Tenis Bekas

Kecapean , lambat makan dan apa-apalah, pasti deh, imbasnya, badan jadi   masuk angin.  Semua jadi nggak enak, pegal, pusing, demam, perut mual mau muntah, enggakkkk enak, blasss...Saya nggak tau, apa masuk angin masuk dalan kategori penyakit dalam dunia kedokteran

Cara mengobati masuk angin setiap orang berbeda. Di pijat kepala dan badan, terus dibalur minyak kayu putih ke seluruh tubuh, ada yang cukup meminum teh manis saja, sembuh.Ada pula,  yang harus dipaksa muntah, culek-culek jari telunjuk ke tenggorokan, baru huekkkkk, bisa muntah. Setelah keluar isi lambung, baru lega dan pusing hilang...#Itu, eikeh ya Jenk.

Mainstream sih, minta di kerok, bikin tato alami gambar 'balung iwak' di punggung. Pengobatan tradisional ini, cukup ampuh untuk menyembuhkan masuk angin. Namun, karena ada cerita teman, suaminya di kerok, terus keluar keringat dingin, tiba-tiba mati mendadak kena serangan jantung, otamatis, eikeh jadi takut. Yang pasti, kerokan yang mempergunakan uang koin atau sendok, sungguh menyiksa kulit, emangnya ikan, macam disisiki. Kerokan membuat pori-pori akan semakin membesar, malah  mempermudah masuk angin.

Dulu, kalo pusing sudah tak tertahan, saya suka pake kop gelas ala Cina. Gelas biasa dan uang koin dibungkus kertas koran di muncungin buat sumbu. Sumbu kertas koran itu, sebelumnya di celupkan di dalam minyak goreng. Taruh diatas punggung, bakar sumbu,setelah nyala, langsung di tutup dengan gelas tertelungkup.
Api akan mati seketika gelas ditutup, saat itu gelas akan menarik kulit, karena ada tekanan panas dari dalam gelas. Biarkankan sampai kulit memerah. Biasanya, jumlah gelas ada 6 buah.Gelas dan api,  berfungsi sebagai alat kop panas api. Masalahnya, kop gelas, tidak bisa dilakukan sendiri, bisa-bisa, bukan mengobati sakit, malah jadi bakar diri.
Tante Pancar, hobby membuat kop angin dari bola tenis bekas
Sekarang, solusi mengobati masuk angin, pegal-pegal, banyak dijual kop angin dengan pompa. Tapi itukan beliii. Nah! Kop angin bisa dibuat sendiri. Memakainya pun mudah, tinggal ditekan di kedua sisi kop angin bola tenis bekas, kop akan menekan dari dalam. 
Sebelum memakai kop angin, lumuri kulit dengan minyak angin, dan tempel ditempat yang sakit, ditangan, tengkuk, di mana saja. Memakai kop angin, hanya perlu dua buah saja, setelah beberapa jam kop angin di tempel di badan. Hasilnya sakit akan hilang, badan menjadi sehat dan bugar. 
Kop angin, dari bola tenis bekas, cara membuatnya praktis sekali. Ini hasil kerja, Tante saya, yang hobby bikin kop angin. Biasanya, setelah kop angin jadi, suka dibagi-bagi ke siapa saja yang membutuhkan. Hitung-hitung shadaqoh, Barakallah...semoga rahmat tercurah buat tante saya ini.


Cara membuat kop angin.

Sediakan, dua bola tenis dan minyak tanah seliter.
Rendam bola didalam minyak tanah, kurang lebih 4 jam, bila masih keras, lanjutkan perendaman bola hingga lunak dan mekar.Jika Bola sudah tak keras lagi. Kelupas bulu bola tenis dengan pisau dan silet. Setelah benar-benar bersih, belah bola tenis mengikuti alurnya.Cuci bersih bola tenis, untuk menghilangkan bau minyak tanah. Kop angin dari bola tenis bekas, siap di pergunakan.
Pergunakan kop angin bekas, pada tempat yang sakit. Biarkan, dan rasakan. Hasilnya, masuk angin, pegal hilang dan tersenyum senang

Proses pembuatan kop angin

3 comments:

  1. cara menghisap angin nya gimana gan ?/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya, di tekan bola di kiri dan kanan. Nanti akan menempel di kulit

      Delete
  2. ada alternatif lain selain minyak tanah bu??minyak tanah susah didapat sekarang.apa pakai bensin??

    ReplyDelete