Sunday, August 2, 2015

Salted Fish 'Cucut' with Green Chillies

"Sssttttt..entuh cewe cakep benerrr."
Serentak, pandangan tertuju pada cewe cantik yang melintas di depan mereka.
Rambut panjangnya berkibar di terpa angin. Mendengar pujian itu, ia tertunduk, tersipu, jalannya serba salah..Maju cantik, mundur cantik.
"Saaaiiyanggg...bau cucut."
Gubrakkk!!! dunia rasa jatuh ke muka.

Pertama memuji, ujungnya itu. Sakitnya nya, tuh!  di sini. *Nunjuk ke hati, lalu kemuka, maluuu. Bau cucut memang bikin malu, berbau pesing seperti bau kencing.
Sik, sik...tau kan ikan cucut, ikan bertulang rawan?
Kalau saya, suka masak  ikan asin dan asap cucut. Walau rasanya khas, sekalipun sudah dicuci bersih berulang kali dan di rendam di air dingin,  tetap baunya nempel, sedikit pesing...#maybe, letak nikmatnya di situ.

Nanti ya, Jenk. Di akhir cerita, saya akan menyajikan resep ikan asin cucut. Supaya namanya rada modern, saya beri nama Resep ini: salted fish cucut with green chillies
Oke deh, kita cerita cucut dulu, baru memasak. Paling tidak, sembari menikmati makan ikan asin cucut, yang saya jamin, enak, gurih, pedes dan nikmat. Jenk-jenk cantik,  bisa cerita ke keluarga.

Apa itu ikan cucut, dan kenapa berbau pesing?

Ikan cucut adalah ikan hiu kecil. Nelayan Cirebon menamakan ikan cucut. Salute juga, diganti  namanya dengan 'cucut' untuk menghilangkan kesan serem dan tak tega rasanya...Masaiya, makan hiu. Padahal Cucut itu, hiu.!

Seperti pada umumnya, ikan bertulang rawan, seperti cucut mengandung urea yang sangat tinggi. Kandungan urea sanagt tinggi, ikan bertulang rawan sekitar 5 %. Sedang  ikan bertulang keras, hanya mengandung urea sekitar 0,05%. Ikan bertulang keras jika mati, maka urea yang terkandung akan diubah oleh enzim urease, membentuk senyawa karbodiasida dan amonia.
Selain Cucut mengandung urea yang tinggi, ikan bertulang rawan, juga mengandung trimetilamin oksida(TMAO) yang tinggi, yaitu antara 50-1500 ing/100 gram. TMAO selanjutnya akan diuraikan oleh aktivitas mikroba nenjadi trimetalamin(TMA) yang mempunyai bau seperti amonia. (sumber: www. mediapenyuluhanperikanpati.blogspot.com)
Sudah paham, kenapa ikan cucut berbau pesing? kalau penjelasan diatas belum ngerti....Please,ya,Jenk, anggap mengerti aja, hihihi.
Singkatnya, Cucut berbau pesing, karena terjadi perubahan kebentuk lain(konversi) urea menjadi amonia.

Bau pesing cucut, dalam di kurangi, salah satunya dengan pencucian dengan air dingin berulang-ulang, dan dilakukan perendaman dengan garam.
Ikan cucut yang biasa saya beli, ikan asin cucut kering. Katanya, ikan cucut dimasukkan dalam pendingin, dipotong dengan ukuran kecil atau diiris tipis-tipis, kemudian di rendam di larutan garam, selama 12 jam hingga semalam. Besoknya di jemur, jadilah ikan asin cucut kering. Cara lain, ikan cucut diasapkan.

Oke Jenk, mari kita memasak. Semangat!
Tumis ikan asin cucut cabe ijo.

Bahan.
-250 gram ikan asin cucut, potong kecil, cuci bersih, rendam dengan air hangat untuk menghilangkan bau dan mengurangi rasa asin.
- 6 siung bawang merah, iris tipis.
- 6 siung bawang putih, iris tipis.
- 8 cabe hijau, iris serong.
- 6 cabe rawit, iris
- Lengkuas di ngeprek.
- 2 daun salam
- 1 sdt penyedap rasa, sesuai selera.
- 1 sdt gula pasir.
- 3 sdm minyak sayur.
- sedikit air asam jawa.
- 100 ml air

Cara pembuat
Panaskan wajan, tuangkan minyak sayur. Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Masukkan, salam, lengkuas, cabe hijau, dan ikan asin cucut.
Tambahkan gula, penyedap rasa dan sedikit air asam jawa.
Beri air untuk menyatu bumbu dengan ikan asin cucut, aduk hingga air sedikit kering/saat dan  matang.

Jenk, hayuk kita makan. Siapkan nasi hangat, salted fish cucut with green chillies...Ready!!!
Ini, sajian enak banget, manis, asem, asin, pedes dari cabe ijo, dan bau khas ikan cucut, sekalipun agak pesing dikit. Saya jamin enakkk... #elapkeringet, saking endes.
Akhirnya, saya ucapkan, selamat mencoba.

2 comments:

  1. ayah sama ibu saya paling suka ikan cucut apalagi kalau pulang kampung ke tegal . kalau di tasik sini ga ada ikan cucut katanyaa

    ReplyDelete
  2. Memang, cucut banyak dan dijadikan ikan asin, sepanng pantai Cirebon sampai ke timur. Termasuk tegal.

    ReplyDelete