Friday, August 28, 2015

Buah Bisbul, si Buah Mentega

Sudah lama pohon itu tumbuh tinggi menjulang di halaman musola Ar-Rahman di desa Cikalahang. Musola keluarga kami yang dibangun disamping rumah orang tua. Herannya, yaakok, saya nggak tau, pohon apa itu? Kalau saja, buahnya tak jatuh ke saya, tetap saja, saya tak pernah perduli keberadaan pohon itu. Kini, saya tersadar, alangkah sombongnya saya, ibarat manusia berjalan di atas permukaan bumi, tak menengok pada sekelilingnya, sekalipun itu sebuah pohon. Pohon itu seakan menegur, dengan menjatuhkan buahnya.
Mendongak keatas, buahnya lebat sekali di musim kemarau ini.
Batang pohon yang lurus menjulang tinggi, buahnya sulit diambil...Ya sudahlah, menunggu buah matang dan jatuh dari pohon.

Tadinya saya kira, buah kesemek, warna dan bentuknya sangat mirip, merah marun kecoklatan di kala matang. Bedanya, buah kesemek, akan matang, kalau dikasih bedak, sedikit genit, baru bisa dinikmati. Bedak sigenit adalah larutan kapur. Buah ini, beda, ia akan matang sendiri di pohon.

Saya menulis postingan ini, setelah saya  menayangkan gambar buah ini di facebook. Bertanya dengan sahabat maya. Baru saya tau, buah apa ini, dan menulisnya di blog.

Buah yang konon, bentuknya mirip bola baseball, dinamakan buah bisbul. Tenyata, buah bisbul masih satu family dengan buah kesemek. Yang membedakan buah bisbul dengan buah kesemek, dilihar dari testur daging buah.
Kesemek, daging buahnya, manis, renyah seperti pepaya muda yang mengkal. Sedang buah bisbul, daging buahnya manis, testurnya lembut, lunak, sangking lunaknya, lengket di gigi. Bau buah bisbul sangat harum.
Ingat ya, buah bisbul bukan buah kesemek.

Yang khas dari buah bisbul ketika matang, daging dan rasanya seperti mentega, lembuttt dengan warna yang kuning cerah, mirippp mentega. Tak heran, buah bisbul juga dinamakan buah mentega.  Di Melayu, namanya buah lemak, merujuk dari rasanya yang berlemak dan lezat. Di Filipina, tempat asal buah Bisbul, namanya Kamagong, Tabang, Mabolo, ini merujuk dari kulit buah yang berduri halus. Kalo saya, mengatakan seperti kain beludru.
Buah bisbul, dalam bahasa Inggris dinamakan Velvet Apple. Nama ilmiah buah bisbul, diospyros blanco.

Allah menciptakan seluruh alam semesta untuk memberi manfaat kepada manusia. Subhanallah.
Seperti juga buah bisbul ini,  memiliki kandungan gizi dan vitamin antara lain; karbohidrat, lemak, serat, protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, tiamin dan beberapa mineral lainnya, baik di konsumsi ibu hamil. Testur lembut daging buah, juga cocok untuk balita dan orang lanjut usia, tak perlu repot mengunyah daging buah.

Manfaat buah Bisbul bagi kesehatan:
- Meningkatkan daya tahan tubuh.
karena buah bisbul banyak mengandung vitamin C.
- Menyehatkan jantung. Vitamin B1(tiamin) menjaga organ syaraf dan jantung tetap sehat.
- Mencegah pengeroposan tulang. Kandungan kalium pada buah bisbul, berguna untuk kekuatan tulang dan gigi.
- Menghaluskan kulit. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan jaringan kulit.

Cara menikmati buah Bisbul, langsung dimakan saat matang. Saya belum pernah mengolah buah bisbul menjadi bentuk lain.
Pohon yang batangnya berwarna hitam, bunga muncul di ketiak daun, buahnya kaya manfaat bagi manusia, ternyata tergolong buah yang semakin langka. Buahnyapun sudah sulit di dapat di pasar tradisional. Padahal, kalo buah bisbul dikembangbiakan, bisa menjadi salahsatu buah yang layak jual dan memperkaya keberagaman buah lokal di Indonesia.

Alhamdulillah, saya masih bisa merasakan lembut dan harumnya buah bisbul si buah mentega.
Tiba-tiba, menatap pohon bisbul ini, saya terkenang almarhum Bapak tercinta...Beliaulah yang menanam buah ini untuk anak cucu di hari depan.

Semoga postingan buah Bisbul ini bermanfaat, dari yang tak tau menjadi tau.

sumber: wikipidia.org.

3 comments:

  1. Menarik juga mbak sy jd kepingin punya pohon bisbul, jual cangkokan pohon bisbul itu tdk mbak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada mbak, kebetulan ini di kampung saya, sedang sy berdomisili di bogor

      Delete
  2. Menarik juga mbak sy jd kepingin punya pohon bisbul, jual cangkokan pohon bisbul itu tdk mbak? Trims

    ReplyDelete