Wednesday, September 23, 2015

Resep Asmun Gadung

Asmun Gadung, apa tuh?

Di kampung saya, ds Cikalahang, Cirebon, asmun adalah camilan yang murah meriah, mudah membuatnya dan enak. Sebenarnya, asmun bahan utamanya  terbuat dari singkong, namun karena di lemari, nggak ada singkong, adanya cuman gadung. 

Taukan gadung, umbi yang mirip umbi ketela, tapi bukan. Pengolahan gadung yang salah, bisa memabukan karena beracun. Makanya saya beli yang sudah siap pakai. Gadung, biasanya saya simpan dalam keadaan kering. Irisan Gadung kering, lebih tahan lama kalau di simpan. Setiap akan diolah, rendam gadung kering. Sebelumnya cuci bersih berulang kali, barulah direndam seharian sampai gadung kering menjadi lunak.
Tiriskan, barulah dikukus, dan gadung siap diolah menjadi berbagai makanan ringan.
Rasa gadung sangat khas, beda dengan singkong, khasss banget, bingung saya mengungkapkan rasanya.
Asmun Gadung [dokpri]


Kembali, kesibukan saya yang tiba tiba pengin buat 'sesuatu' yang beda, dengan bahan yang ada.
Saya termasuk pecinta panganan tradisional, diet saya bisa gagal total, gegara kue tradisional...Sumpeh, camilan tradisional, enakk bener.
Bahan kue tradisional biasanya sederhana, mudah di dapat, gampang mengolahnya dan sehat...Rasanya? membumi banget dengan lidah kampung.

Oke deh, kembali ke camilan, Asmun.

Resep aslinya, berbahan  singkong dikukus lalu tumbuk dan diberi bumbu, garam tok. Makannya dinamakan Asmun kali ya, asal buat sih.
Untuk kali ini, bahan singkong, saya ganti dengan gadung dan bumbunya saya buat lebih bervariasi. Kebetulan anak saya gemar camilan pedas, jadiii, bumbu saya campur bahan dengan cabe rawit yang buanyak...Pokoknya, eudeus banget.
Asmun gadung saya buat dalam porsi kecil, karena yang makan cuman berdua saja.


Bahan-bahan

1/4 kg Gadung kukus, tumbuk hingga halus.
Minyak sayur untuk mengoreng.

Bumbu halus, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, garam, penyedap rasa dan  15 cabe rawit, biar pedasnya meledak ledak.

Ulenin bumbu halus dengan gadung tumbuk sampai tercampur rata. Rasanya adonanya, tambah garam kalau kurang asin. Suka-suka sajalah. 
Terakhir, bentuk adonan menjadi bulat-bulat ukuran sedang, lakukan sampai adonan habis.

Panaskan minyak, goreng asmun gadung,  dengan api sedang hingga kecoklatan.

Bagaimana, mau mencoba?

Asmun Gadung.



No comments:

Post a Comment