Thursday, June 11, 2015

Tumis Uco Pedas ala Saiya [Masak,Yuk]

Pernah denger uco?
Bukan tauco loh....bukannnnnn.
Uco, sering ditemui di Kuningan, Cirebon, khususnya Majalengka. Wajarlah, karena Majalengka sentral pembuatan kecap manis. Uco berasal dari sisa atau ampas kecap kedelai hitam.
Uco biasanya di jual perbungkus plastik Rp 3.000,-

Saya tanya dengan uwa atau sodara lainnya, ada nggak nama lain dari uco?
keukeuh wee...namanya memang uco.


Penasaran, saya ke mas googling...bener, tak kutemui nama lain Uco.
Mungkin ada yang tau? kasih tau dong.
Oke deh, kembali lagi ke per-uco-an.
Sisa ampas kecap ini, biasanya diolah menjadi lauk pendamping nasi, caranya lebih banyak di tumis.
Nah, ini....masak uco ala saiya.
Ala-ala kampung.

TUMIS UCO PEDAS ala SAIYA

Bahan
* 1/4 kg uco
* 5 tangkai daun bakung, potong kecil
* 1 lengkuas, dikeprek.
* 2 daun salam
* 2 sdm minyak goreng untuk menumis.
* 1/2 sdt, garam. garam sedikit, karena uco sudah asin.
* 1 sdt gula pasir.
* Penyedap rasa, air sedikit

Bumbu Iris
* 5 butir bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 1 buah tomat
* 5 batang cabe keriting.
* 10 cabe rawit, pedas sesuai selera

Cara Membuat
1. Panaskan minyak, tumis bumbu iris, daun bakung, tomat daun salam dan lengkuas, hingga harum.
2. Masukkan uco, masak hingga matang, aduk rata.
3. Tambahkan gula pasir, garam, penyedap, tuangkan air sedikit untuk meresapkan bumbu. Aduk sampai airnya saat(kering) dan matang.

Taraaaaaa...
Tumis uco pedas ala saiya, siap di hidangkan untuk keluarga.
Selamat mencoba.

Cikalahang, 11 Juni 2015

4 comments:

  1. Uco, baru denger mba, tapi lihat tampilannya kayanya enaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakkkkk....pedes apalagi. itu kaya kedelai aja.

      Delete
  2. berhubung saya dari ceirebon , seringlah lihat uco ini. tapi belum pernah bikin masakan dari uco ini. trims resep sederhana yang bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cobian yang teh. Raos pisan. Cuman kalo yang nggak biasa, ada paitnya dikit.

      Delete