Tuesday, November 8, 2016

Bahaya Tidur di Pagi Hari

Sepuluh menit sebelum azan subuh. Alarm berbunyi dari dua hape bersaut-sautan, lagu hip hop kekinian. Seperti biasa, hanya alarm. Tidak ada yang beranjak bangun, sampai ringtone alarm bosen sendiri.
Sunyi....

Suasana berubah kalau dengar  suara Emak berteriak nyaring..*saya gitu loh!. Alarm asli, efeknya nyata sekali. Meloncat bangun sembari kaget, mirip orang mau pergi perang, mata masih siwer langsung berwudhu, sholat subuh...selesai, kembali tidur. Saya cuman melongo, begitulah anak, bangun, sholat, tidur lagi, trus gelagepan berangkat kerja. 

Aahhh...Bangun pagi memang sebuah ujian kesabaran sebagai manusia. Kesabaran untuk mau bangkit dari nikmatnya tidur, menghentikan mimpi indah untuk kembali pada realita hidup. Bukankah itu ujian kesabaran?

Saya akui, pagi memang godaan terberat untuk bangun? suhu udara yang dingin, langit masih gelap, apalagi tiba-tiba hujan, malesnya bangun, kalau bisa tarik selimut... kemulan sepanjang pagi hingga siang, asyek bener.

Kadang saya suka kasihan sama anak gadis, waktu libur kerja, pasti dia pulang dari kost. Satu hari itu, me time-lah baginya, bisa jadi, dia kecapean kerja, balas dendam setelah lima hari yang sangat melelahkan. Saya sangat maklum, namun tetaplah diusahakan untuk bangun pagi. Lakukan aktifitas fisik, beribadah untuk menghalau kantuk, segera sarapan, setelah itu silahkan mau beristirahat.
"Sini, Nak. Mama kasih tau, kenapa tidur pagi itu berbahaya?"

Tidur adalah satu-satunya aktivitas yang memungkinkan otak dan tubuh beristirahat. Sehingga, saat bangun dari tidur, keduanya dapat berfungsi dengan maksimal. Namun, tidur tidak dapat dilakukan setiap saat. Tidur pada malam hari memang dianjurkan, tapi bagaimana dengan tidur di pagi hari?
Sebenarnya tidur di pagi hari lebih banyak bahayanya bagi kesehatan tubuh. Adapun dampak buruk yang ditimbulkan antara lain:

Sakit Kepala

Tertidur terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi karena cairan serebrospinal bergerak ke otak. Cairan ini adalah sejenis cairan tubuh yang menempati ruang sub-arachnoid dan sistem ventrikular yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang.

Sulit Berkonsentrasi

Apabila kita tidur terlalu lama dan bangun siang akan menyebabkan kebingungan dan sulit berkonsentrasi. Akibatnya kita tidak bisa mengembangkan ide-ide yang membantu aktivitas sekolah maupun kerja. Sulit berkonsentarsi menyebabkan badan menjadi lesu, dijamin akan menguap sepanjang hari. Bahayakan, cantik-cantik, nguap melulu, apa kata dunia?

Kekurangan Vitamin D

Sinar matahari yang mengandung vitamin D, sangat baik untuk tubuh kita. Apabila kita bangun siang dan tidak bergerak atau mengeluarkan energi, berarti kita akan kekurangan vitamin D.  Apalagi kekurangan vitamin D dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti menurunnya fungsi jantung, mudah lelah dan nyeri otot, pengeroposan tulang, mudah mengantuk, depresi, dan menyebabkan kanker. Selain itu, ini berarti kita mulai menuju gaya hidup yang tidak sehat.

Masalah Keseimbangan Metabolisme

Ketika tidur pagi terlalu lama menyebabkan merusak keseimbangan metabolisme tubuh. Ritme tubuh bukan hanya untuk tidur saja, tetapi melakukan aktifitas. Idealnya bangun pagi dan waktu sarapan jam 06.00-08.00 tetapi bila tubuh masih kondisi tidur, maka rasa lapar akan terasa lebih lama, hal itu menpengaruhi metabolisme dalam tubuh. Jangan heran, makan sedikit, tapi tetap saja gemuk, penyebabnya kebanyakan tidur pagi hari.


Nah, sekarang jadi taukan, bahaya tidur di pagi hari.
Bahaya yang bisa merusak kesehatan secara jasmani dan rohani.
Sedikit nasehati saya, jangan terlalu banyak tidur, karena dapat mematikan hati, menghalangi rezeki, melewati waktu berkah dan membuat badan merasa malas, menumpuk berbagai penyakit seperti yang disebut di atas.

Mulai sekarang, laku kebiasaan rutin untuk bangun pagi, minum segelas air putih, segera mandi agar kantuk hilang, pikiran pun segar, siap melakukan aktifitas sepanjang hari.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua (en)






6 comments:

  1. Tapi, sekarang saya rutin tidur pagi hari kalau tidur terlalu larut. Memang harus berubah sih kebiasaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tidur kemalaman..pastilah bangun agak siang krn waktu tidur kurang. Sy juga begitu
      Apalagi kalo menulis, inspirasi datang selalu malam hari. Rupanya itulah godaan yg berbahaya bagi ksehatan...sehat itu mahal

      Delete
  2. Aku sekarang latihan tidur gasik mba, bangun lebih awal. Hanya memang terkadang susah juga kalau situasinya nggak mendukung, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya podolah, inspirasi sebagai penulis suka datang malam hari, jadilah tidurnya kemalaman, bangun suka telat

      Delete
  3. padahal saya tu malah malam nulis sampai 1/3 malam. trus bada subuh malah tidur wkwkwk

    ternyata...huuuffftttthhh

    so, ini tantangan nih mba buat saya agar bisa mengatur jadwal tidur sesuai sunnah rasul. tidur habis subuh dan bangun 1/3 malam,tidak tidur pagi.

    ternyata apa yg beliau ajarkan sangat bermanfaat utk kesehatan ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh, itu tantangan terberat...hayuk kita mulai...semangat

      Delete