Friday, July 15, 2022

Sosialisasi BIAN di Posyandu Cendrawasih Kel. Pasir Mulya

Selain kegiatan rutin bulanan posyandu berupa penimbangan bayi, balita, pelayanan kesehatan bagi Ibu Hamil, pada bulan Juli ini, diselenggarakan, sosialisasi BIAN (13/7) bertempat di Aula Gedung Pertemuan RW06 Pasir Mulya.

Sebenarnya, agak susah mengumpulkan orangtua untuk berkumpul sebentar, namun setelah dijelaskan tentang program BIAN oleh Bidan Neni, Pj Puskesmas Pasir Mulya, ibu-ibu malah antusias.
Penasaran jugakan.
Apa itu BIAN?

BIAN singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional.
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI saat ini telah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Apa saja program BIAN?

Masih ingat, bagaimana dua tahun ke belakang, semua kegiatan kita dibatasi, orangtua atau wali asuh enggan ke faskes untuk imunisasi balita, karena takut tertular covid-19, serta jumlah tenaga kesehatan yang terbatas. Tak heran, banyak balita yang tak memenuhi imunisasi dasar.
Untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun  akibat pandemi COVID-1, pemerintah mengelar Program BIAN.

Program BIAN 2022 memiliki dua sasaran pelaksanaan yaitu, Pertama, imunisasi tambahan Campak Rubela (MR) diberikan untuk anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun.

Kedua, melengkapi imunisasi Polio dan DPT - HB-Hib yang terlewat, bagi balita umur 12 sampai dengan 59 bulan (Imunisasi Kejar 2022)

Bayar nggak vaksinnya?
Gratis.
Dijamin aman. 
Berkualitas. 
Oleh karena itu, masyarakat tak usah ragu memanfaatkan program ini, untuk melengkapi atau mengejar ketertinggalan imunisasi anak-anak yang terjadi selama pandemi COVID-19.

Kapan pelaksanaan BIAN?
Semakin penasarankan.
BIAN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam dua tahapan

Tahap I dilaksanakan mulai pertengahan Mei tahun 2022 bagi seluruh Provinsi di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Tahap II dilaksanakan mulai bulan Agustus bagi provinsi di pulau Jawa dan provinsi Bali.

Target BIAN 2022 ini 
sangat penting demi mencapai target eliminasi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023, mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mewujudkan Dunia Bebas Polio pada tahun 2026.

Selain itu, BIAN 2022 juga diharapkan dapat menangkal terjadinya Kejadian Luar Biasa, Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) lainnya.

Oleh karena itu, dukungan seluruh pihak, sangat diharapkan untuk menyukseskan pelaksanaan program BIAN ini.
Orang tua diharapkan dapat turut menyukseskan BIAN dengan membawa anak-anak ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti Posyandu

Kita doakan pelaksanaan BIAN  berhasil mencapai target 95% untuk imunisasi tambahan campak dan rubella dan target 80% untuk imunisasi kejar OPV, IPV dan DPT-HB –Hib, agar kita dapat meningkatkan imunitas anak kita dan menutup gap imunitas yang terjadi. Sehingga kita berhasil menekan kejadian PD3I dan juga berhasil mematahkan penularannya. 

Apa tujuan imunisasi?
Semakin banyak yang menerima imunisasi, akan mendukung terbentuknya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) sehingga meminimalisir terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) dari penyakit yang bisa dicegah. . 
Kunjungan Ketua RW 06 Bapak Saifun

Di akhir, sosialisasi BIAN, saya selaku ketua Posyandu Cendrawasih, menekankan bahwa, imunisasi adalah usaha atau ikhtiar kita sebagai hamba Allah untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.
Yuk! ke Posyandu Cendrawasih bulan Agustus,.
Jangan lupa membawa buku Pink/ KMS dan fotocopy Kartu Keluarga.
Kader Posyandu dan Bidan Neni
Selesai Posyandu, kader menyempatkan untuk menengok kader Posyandu yang sakit dan sahabat pengajian.
Bagi kami, menjadi kader posyandu adalah, sebagai ladang memulung amal, Insha Allah, diberikan kesehatan dan keberkahan...Aamiin YRA.
Menjenguk Kader yang sakit

Cepat sembuh bu Hj Sri, kembali ceria
"Ayo sukseskan Bulan Imunisasi Anak Indonesia, lindungi anak dari kesakitan dan kecacatan akibat penyakit Campak-Rubella."
Salam sehat, dan tetap semangat.
(Een Endah, Ketua Posyandu Cendarawasih, Bogor Barat)

No comments:

Post a Comment