Friday, May 26, 2017

Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips


Mendapat undangan acara talk show dari Philips Indonesia, dengan tema "Ramadan Sehat dan Praktis bersama Philips"
Saya langsung menyatakan: Siap datang!

Senin,15 Mei 2017 di ball room B, Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat.

Emak Blogger registrasi dulu.

Diawali regitrasi dengan dua meja,  untuk media dan blogger.

Dilanjutkan, foto-foto manjahhh bersama rekan blogger...alhamdulillah ada booth foto, jarang-jarang ada di event lain.

Sebelumnya acara utama dimulai, undangan dipersilahkan untuk membuat jus sehat dari berbagai buah-buahan dan sayur mempergunakan Blender Philips.  
Perlu diketahui, jus buah sangat disarankan untuk diminum saat berbuka puasa atau sahur untuk menjaga stamina, serta sebagai pengganti cairan dan elektrolit serta menaikkan kadar glukosa darah(energizer juice). 

Antusias undangan membuat jus sendiri bludak, terpaksa saya cuman jadi penonton.
Takjub melihat kecepatan  blender kekuatan motor 600 watt, dengan dobel baling-baling berkapasitas 2 liter serta memiliki 5 tombol kecepatan yang bisa disesuaikan. 
Philips Blender

Lihat deh, cara kerja Philips blender cepet banget, cukup blender 30 detik seluruh bahan ke dalam blender, taraaa...siap disajikan, cepat dan praktis. 

Ini juga bukan sekedar blender biasa loh!
Dengan blender Philips, kita bebas berkreasi, membuat smoothie, sop yang enak dan jus yang menyehatkan.
Dalam hati saya, kudu punya nih blender...semoga ada rezeki buat beli, soalnya blender di rumah memang minta diganti, dan pastinya, nanti saya pilih Blender Philips, jaminan mutu, kuat, mudah dibersihkan dan pasti memuaskan. Saya pilih warna merah dari lima warna yang tersedia, dua tahun garansi..wow!

Beralih ke meja satunya lagi.
Nah! ini dia yang saya cari, konsultasi kesehatan.
Setelah mengukur dengan alat khusus.
Pengukuran Komposisi Tubuh

Hasilnya?

Rada deg-degan juga, karena secara kasat mata saya tergolong bertubuh besar.
Ternyataaa...

Berat saya  62,7 kg dinyatakan normal. 
Pada usia wanita 40 tahun, bukan berat badan ideal yang menjadi target tapi berat badan normal, langsung saya merasa tersanjung dikatakan 'normal' *kibas jilbab bersemangat*

Lemak dalam perut saya pun termasuk normal.
Menurut  konsultan, umur kronologis (umur sesuai tanggal lahir) saya 46 tahun, namun secara umur biologis (umur dilihat dari kemampuan sel), ealahhh...umur saya lebih tua 5 tahun dari umur kronologis, 51 tahun, langsung deh *uwel-uwel jilbab* Maenyak! Kolot urang teh...(Baru nyadar, perasaan muda aja terus)

Menjadi pertanyaan saya, bagaimana caranya agar umur kronologis dan biologis bisa sama atau lebih muda (baca: awet muda)
Tenang bu, sabar, nanti akan dibeberkan secara detail oleh pakar gizi, sahut wanita muda di depan saya.

Lantas saya bertanya lagi ke mbak-mbak itu (maaf lupa namanya)
Apakah selama ini cara memasak saya yang salah.
Tenanggg, nanti ada demo masak praktis dari Philips.
Saya tersenyum lebar, tenang, talk show ini akan menjawab resah gulanah saya.

Jam sudah menunjukkan 11.30 WIB, biar semangat, makan siang dulu biar badan kuat...*aleyasan bener, ya, memang sudah lapar.
Agak terpukau dengan hidangan yang di sediakan, kuliner Nusantara banget, saya memilih makanan kegemaran, rawon plus telur asin.

Kami duduk di meja bundar, ruangannya berudara sejuk, kemudian acara dibuka dengan memperkenalkan rangkaian acara yang akan di lewati hari ini. 
Talk show hari ini  menghadirkan Rita Ramayulis DCN, M.kes, seorang nutrisionis yang telah menulis sejumlah buku tentang gizi untuk berbagai penyakit dan mengatur pola makan yang sehat. Selain talk show juga diselingi demo memasak praktis mengunakan peralatan dapur Philips.

Jujur, saya antusias sekali dengan talk show ini. 
Karena saya punya problem setiap bulan Ramadan. 

Begini....
Ada ungkapan
You are what you eat.
Artinya kepribadian kita berasal dari apa yang kita makan.

Now;
You are when grandmother eats.
Bener ya...

Pengetahuan apa yang kita makan, terus berlangsungg sejak nenek, tak ada yang berubah, makanya, kenapa setiap Ramadan  dari tahun ke tahun (tak pernah ada solusi), badan saya bukannya 'langsing' malah 'langsung' melebar kesamping.
Padahal makan saya normal, nggak rakus-rakus amat, tapi puasa puasa, bobot naik melulu.
Dimanakah letak kesalahan pola makan  saya selama bulan Ramadan? Saya ingin tau letak kesalahan saya.


Satu lagi nih masalah sebagai wanita sibuk, bagaimana cara praktis memasak makanan sehat dan praktis.

Bulan Ramadan
Sesungguhnya, bulan yang di tunggu umat Islam seluruh dunia adalah bulan Ramadan, bulan Allah, bulan penuh berkah, wajib hukumnya bagi kaum muslim.
Sebulan penuh akan berpuasa mendapat pahala yang berlimpah.
Sekalipun kita berpuasa sebulan penuh,tidak boleh mengurangi aktifitas.
Selayaknyalah, kita mengetahui dan memahami kebutuhan gizi tubuh agar dapat membantu kita menerapkan gaya hidup sehat, termasuk pada saat puasa.

Tips Makanan Sehat dan praktis Selama Berpuasa
Talk show dan demo memasak ini merupakan upaya Philips untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan memberikan informasi seputar pola makan sehat saat berpuasa.

Hakekat puasa hal yang wajib dilakukan umat 
Muslim. Pada prinsipnya, puasa memberikan kesempatan untuk hidup sehat.
Menurut Rita Ramayulis, seorang nutrisionis, dalam ilmu gizi, dengan membiarkan 14 jam tubuh tanpa makan dan minum, memungkinkan tubuh mengalami proses detokfisifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami.
Puasa dikondisikan 'sengaja' dektokfisifikasi bagi tubuh, menghasilkan proses regenerasi, penghasil enzim dan menurunan radikal bebas.

"Manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan," lanjut  Rita Ramayulis.
Nah, ini masalah saya, kurang memperhatikan asupan makan saat berpuasa.

Jujur, mari kita jujur.
Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, umumnya cenderung  mengkonsumi makanan manis dan berlebihan saat berbuka.
Yaiyalah...harap maklum, menahan lapar 14 jam lebih, kebayangkan haus; bayang-bayang berputar dibenak, es teh manis, kolak pisang, es timun suri, es cendol...*hiduppp es cendol!!!
Trus, bala-bala disiram saos kacang nu lada, ditambah buras oncom, mantafff. 
Kalo dug dug dug derr...Bedug buka, baca doa sikatttt, kalap.

Jujur, itu saya loh!
Ternyata itulah sumber kesalahan, kenapa saya bertambah semlohay bulan ramadan. Karena semua makanan disikattt, bukan rakus loh! tapi lapar.

Menurut Uni Rita, saya panggil Uni karena berasal dari Sumatera Barat
Saat bulan puasa, meskipun kegiatan tetap sama seperti hari-hari biasa, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit. Hal itu disebabkan karena efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi. Tubuh akan beradaptasi dimana penggunaan energi untuk tubuh bekerja akan menurun dibanding jika seseorang sedang  tidak berpuasa. Karena perubahan tersebut, konsumsi makan perlu diatur, makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing, dan memghindari makaman dengan kalori tinggi dan yang menyebabkan dehidrasi  karena akan menganggu metabolisme tubuh untuk detokfisifikasi.

Tidak ada perbedaan dalam pola makan dalam puasa dan tidak, yang bergeser hanya jam makan dan kesempatan makan. Saat puasa kesempatan wakti makan  lebih sempit; sahur, berbuka puasa dan makan malam.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh sebuah survei yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa menu makan saat puasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip keseimbangan dan beraneka ragam, yaitu terdiri dari 50% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori sehari dan tidak terlalu kenyang.

Tips Makanan sehat saat Puasa.
BERBUKA PUASA

2 prinsip berbuka puasa:
1. Rehidrasi tubuh dengan cairan dan elektrolit.
2. Menaikan kadar glukosa darah menjadi stabil.

Langkah pertama, bersegeralah dalam berbuka puasa.
Dari Anas bin Malik, Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah), apabila tidak ada kurma basah, maka beliau berbuka dengan beberapa butir tamr (kurma kering). Dan apabila tidak ada kurma kering beliau menhirup beberapa teguk air. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Sediakan kurma (dalam hitungan ganjil) saat berbuka, jika tak ada kurma basah, makanlah kurma kering, kemudian minum air.
Keunggulan kurma memiliki kandungan perpaduan glukosa, fruktosa dan sukrosa, bagus dimakan saat berbuka karena dapat menaikan kadar gula menjadi stabil.

Berbeda jika, kita berbuka dengan minum teh manis.
Kenapa?
Karena teh manis hanya mengandung sukrosa saja, hanya menaikan glukosa namun segera turun kembali, hingga tak heran, kita kembali ingin meminum teh manis lebih banyak dan lebih banyak, ujungnya malah kena diabetes, bahaya jugakan. 

Lebih bagus lagi, saat buka dan sahur meminum jus tanpa gula atau buah utuh, karena mengandung serat, vitamin dan mineral.
Yang perlu diperhatikan, jangan menyimpan jus terlama lama dalam keadaan terbuka, karena akan menghilangkan kandungan zat gizinya (ini baru saya tau, soalnya saya suka berjam-jam menaruh jus, baru diminum, ternyata salah).
Berbuka puasa disarankan mempergunakan air elektrolit, seperti air putih diselingi kurma, air kelapa atau infus water.

Bagaimana kalau pengen bala-bala, atau kolak?
Kalau ingin sehat berpuasa, hindari berbuka dengan makanan yang digoreng tepung terigu. Camilan yang mengoda selera ini untuk sementara diganti dengan pais pisang kukus saja (camilan karbo yang kaya serat), 
Bolehkan makan kolak, karena kolak kuliner khas yang ada saat bulan Ramadan, bolehkah?
Boleh, tapi dinikmati dengan gulanya cukup 1 sendok makan rata.

Nggak manis dong, kurang mantaf?
Yailalah, berbuka dan sahur harus menghindari gula sangat manis. Makanan manis akan mengganggu keseimbang insulin, hingga tak berselera memakan makanan lain.
Selain tips diatas tadi, disarankan berbuka dengan suhu ruang, tidak terlalu dingin atau panas. Minuman es menyebabkan radang tenggorokan, jadi lebih baik dihindari.
Minuman lain yang disaran tidak baik dikonsumsi saat buka maupun sahur, minuman mengandung kafein seperti kopi.
Ramadan begini, suka banyak iklan minuman, ingat! jangan mudah termakan iklan, seperti berbuka dengan minuman sirup atau berkarbonasi seperti soft drink.


MAKAN MALAM
Langkah kedua, lakukan sholat Magrib.
Makan malam harus memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi.

Cara takaran makanan yang tepat, pergunakan cara piring makanku.
Ilustrasi Piring Makanku

Bagaimana mengukur porsi makanan, haruskah memakai timbangan, repot banget kalo begitu, ternyata, Masya Allah, pergunakan telapak tangan kita sendiri.
Karbohidrat, satu kepalan tangan.
Protein, lima jari tangan, 5 porsi
Sayur, dua telapak tangan, 2porsi

Buah 3 dua kepal tangan
Minyak goreng 5 porsi(seukuran satu jempol tangan)
Gula 2 sendok makan.


SNACK TIME
Sebut saja makan malam selingan, setelah terawih atau  jelang tidur lengkapi zat gizi yang belum terpenuhi saat berbuka dan makan malam. Pada umumnya terdiri dari sayur dan protein rendah lemak agar organ pencernaan lebih mudah dalam memproses.
Lakukan diet karbo, karena kebanyakan karbohidrat akan menyulitkan pencernaan dan bangun saat sahur karena kekenyangan. Pilihlah, omelet sayuran. Capcai putih telur, tumis tempe, protein susu yogurth.

SAHUR
Memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi dengan memilih makanan sumber energi yang dicerna lebih lambat dan bertahap.
Pilih karbohidrat  komplek tinggi serat. Gunakan beras merah, kalo belum bisa menyesuaikan rasanya yang hambar, pergunakan campuran beras merah dicampur nasi putih dan agar-agar.
Jika suka roti, pilihlah roti gandum.


Dalam ilmu gizi, mengoreng dengan minyak  banyak membutuh proses panjang dalam tubuh.
Gorengan akan dicerna dengan  enzim lipasi ke lambung ke usus halus, pangkreas, cairan empedu, proses pencernaan panjang sehingga tidak jadi detoksifikasi.

Minumlah lebih banyak saat sahur untuk kebutuhan cairan disertai elektrolit agar bisa bertahan lama.
Untuk sayuran, pilihlah yang berkuah banyak saat sahur.

Ramadan ini, tujuan selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, bonus lain, badan menjadi lebih sehat melalui dektoksifikasi sengaja (puasa).

Apa arti sehat?
Sehat adalah terbebas dari segala penyakit pada status kesehatan lebih rendah beresiko sakit.
Jadi, yang terpenting berat badan di jaga (lingkar pingang perempuan sebaiknya 80cm) untuk menghindari berbagai resiko penyakit tekanan darah, diabetes dan lainnya.
Tujuan utama sehat adalah dampak yang diperoleh yaitu kesehatan fisik,kesehatan psikologi ( pikiran lebih positif) dan stress lebih rendah.

Menurut Uni Rita, diakhir sesi Tips makanan sehat, pada dasarnya, semua makan boleh dimakan asal ada padu padannya.

Pengolahan Makan Sehat dan Praktis dari Philips.

Sesi selanjutnya, demo masak dengan rangkaian peralatan dapur Philips.
Demo Masak Produk  inovasi Philips

Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia menuturkan, mobilitas tinggi dan terbatas waktu masyarakat dalam menjaga keseimbangan asupan makanan yang sehat tentunya bukanlah hal mudah di jaman sekarang,  hingga Philips hadir memberi kemudahan dalam waktu 30 menit  dapat memungkinkan ibu dan seluruh anggota keluarga  dapat menyiapkan makan sehat dengan cara yang mudah dan praktis."

120 tahun usia Philips merupakan perusahaan tehnologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat  dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. 
Philips memanfaatkan tehnologi canggih dan pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan  solusi yang terintegrasi.

Untuk memberikan kemudahan  memasak dan dukungan Philips untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan mulai dari rumah,  ada tiga rangkaian peralatan dapur inovasi Philips yaitu Philips Air Fryer, Fuzzy Logic Rice Cooker dan Philips Blender, semua bertujuan memberikan kemudahan dalam mengolah makanan saat berbuka dan sahur.



Low Fat Fryer Multicooker 800 g
Membuat Bola Bola Ayam Sayur (saya akan tulis resep pada postingan selanjutnya.) dengan Philips Air fryer hanya memerlukan waktu 15 menit saja, bola-bola ayam sayur langsung bisa dinikmati.
Philips Air Fryer

Pemakaian minyak goreng yang banyak bisa pencetus berbagai penyakit. Dengan Philips Air Fryer, sekarang mengoreng tanpa ragu karena tidak memerlukan minyak, bahkan dapat mengeluarkan minyak tidak baik pada makanan.
Hebatnya lagi, adanya revitel udara tersirkulasi pada udara panas  hasilnya makanan lebih crunchy.
Makanan menjadi lebih renyah di luar dan lembut di dalam.
Hasil praktek masak Bola-bola ayam sayur dan Energizer Juice

Philips Air Fryer membuat makan lebih lezat  karena memiliki kapasitas yang besar untuk resep favorit.
Kelebihan lain, Philips Air Fryer memiliki waktu dan temperatur kontrol ini memudahkan mendapat temperatur yang pas untuk makanan yang dibuat, dijamin tidak gosong.
Selain untuk mengoreng, bisa digunakan  membuat kue bahkan memanggang.
Produk ini memiliki desain yang unik, dan mudah untuk dibersihkan.

Philips Viva Colletion Fuzzy Logic Rice Cooker
Philips Fuzzy Logic Rice Cooker

Rice cooker multi fungsi yang ideal untuk peralatan dapur di rumah. 
Rice cooker Philips berkapasitas 1,8 liter, memiliki 6 menu makanan untuk pilihan masakan yang sehat. Selain itu, Rice cooker dilengkapi sistem pemanasan 3D cerdas dan timer otomatis yang bisa kita atur dari 2 - 12 jam, hebatnya nasi tetap seperti saat pertama matang, tetap pulen dan tidak kering. 
Philips  Fuzzy logic Rice Cooker juga  menjaga kehangatan makanan selama 48 jam. Ini nih penting bagi ibu-ibu, bagian dalam dari Philips Rice Cooker mudah dibersihkan dan  memiliki inner pot lebih tebal, nggak repot bersihan.

Tak ada yang sulit jika kita merasa mudah mengerjakan, seperti hadirnya tiga serangkai produk inovasi pilip, memasak lebih praktis dan sehat, hanya 30 menit, sahur dan berbuka tak perlu panik terlambat masak. 

Untuk lebih jelas produk inovasi Philips, silahkan berkunjung Facebook Philips Home Living

Yang menjadi tugas saya sendiri untuk 30 hari kedepan, berhasilkah puasa Ramadan ini?
Indikator yang ingin dicapai, berat menjadi ideal (normal) menyamakan usia kronologis dan biologis, profil lipida darah membaik, kadar glukosa darah dan tekanan darah stabil, lebih aktif dan produktif, pemikiran lebih positif, lebih fokus dan emosional membaik.

Baiklah, semoga saya berhasil, meningkatkan ibadah, dan semangat menyajikan makan sehat bagi keluarga tercinta.

Sedikit pantun, sebelum berangkat sholat Tarawih.
Kecubung batu dari Kalimantan,
disanding elok dengan berlian
Berhubung Sabtu sudah Ramadan,
salah dan khilaf mohon dimaafkan,

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan untuk semua keluarga, dan sahabat.
Marhaban Ya Ramadan.
1 Ramadan 1438 H























36 comments:

  1. Woow...Komplit deh! :) Naksir banget sama rice cookernya. Semoga bisa punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saaammmaaa...naksir ruce cooker yg punya 6 menu. Buat bubur tinggal klik...biarkan. jadi deh

      Delete
  2. awww mau rice cookernyaa... air fyrernya juga... blendernya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mengodaaabutk memiliki 3 rangkaian produk inovasi Philips ini...baeklqh, coleklah dfn manjahhhh suami tercinta..hihihi

      Delete
  3. Waaa... Aku baru mau bikin pisang grg buat bukaan hari ini. Yo wes pisangnya bikin es pisang ijo boleh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow....piliham tepat. Pisang dikukus merupakan rendah carbo banyak serat.
      Kalo udah jadi ya say...kirim kirim lah kemari.

      Delete
  4. Praktis banget ya peralatan dapur phillips. Aku Mupenh sm airfryernya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, chinnn..
      Ngoreng ga repot yaa. Anti gosong...mari kitahhh menabung.

      Delete
  5. Setuju banget dg istilah "you are what you eat". Karena kalo pas buka puasa sering makan yg berminyak lama kelamaan bisa radang tenggorokan. Huhu

    Ditunggu resep bola2 nya ya Mbak En. Bs buat alternatif buka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yaaa...eikeh lagi berbuka nih.

      Delete
  6. huaaa mba Een itu resepnya pas banget buat buka puasa. Itu fryernya Philips kece banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh...saya pengen air fryer Philips...doain dapet rezeki bisa beliin..habis keren binit.

      Delete
  7. Aku salah pilih menu makanan pas buka puasa kemarin, kena maag deh jadinya. Harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emanggg...udara puasa tahun ini panasss banget rtus hujan. Menu harus disesuaikan.jangan minum es. Dan bikin sambal pedas ya say...

      Delete
    2. Emanggg...udara puasa tahun ini panasss banget rtus hujan. Menu harus disesuaikan.jangan minum es. Dan bikin sambal pedas ya say...

      Delete
    3. Emanggg...udara puasa tahun ini panasss banget rtus hujan. Menu harus disesuaikan.jangan minum es. Dan bikin sambal pedas ya say...

      Delete
  8. yuk latihan konsumsi yang sehat-sehat

    ReplyDelete
  9. Blender Philips udah punya tapi air Fryernya belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marilah jenk miliki, canggih bet air fryer nih

      Delete
  10. Keren ih Air Fryernya. Bisa menggoreng tanpa minyak nya itu lho yang hebat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuiii...saya juga terpukau.doakan eikeh bisa punya alat ini...

      Delete
  11. Itu ngukur umur biologisnya (kemampuan sel) nya gimana mbak? Koq bisa tau umur biologis kita lebih muda/tua dari umur kronologis kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultan yg mengukur komposisi tubuh dgn alat....sy ga bisa juga dan ini pengetahuan juga...ternyata didalamn tubuh sy yg tambah keceh..*idih* umur biologisnya tuaaa...

      Delete
  12. "You are what you eat." Jleb banget ini. Tapi emang bener sih. Kalau problem mba een badan langsung lebar kesamping, akunya pipi yg langsung lebar kesamping. Huaaa pipi oh pipi. *tutupin pipi*. Btw aku baru tau pihilps skrg ada air fryer. Canggih bet ya. Jadi pengen punya satu di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak apa lah pipi melebar. Ini lagi ngehit kok pipi cubby, yang pengting tetap manis


      Bener air fryer Phillips keren bet...

      Delete
  13. Emang harus memperhatikan asupan makanan ya. Apalagi sekarang teknologi sudah bikin urusan masak mudah dan sehat. Tinggal pilih ngalahin malas aku mah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha...males emang penyakit emak...btw, normallah...emak kan dr sahur sampe buka...sibuk mulu.

      Delete
  14. Huwaa dpt pencerahan bnyak nih, dr kolak, bala2 amle teh manis hehe..sy bgt soalnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan enakkk semuaa...tapi hrs dibatasi. Selamat mencoba menikmati asupan makanan sehat

      Delete
    2. Makanan enakkk semuaa...tapi hrs dibatasi. Selamat mencoba menikmati asupan makanan sehat

      Delete
  15. Jus tempo hari segar. Halus banget. :)

    ReplyDelete
  16. Makin canggih aja alat masak. COcok buat mama yg sok sibuk kayak akyuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiii...noted: kinta beliin buat kado ultah sama pak suami jenk

      Delete
    2. Yoiiiii...noted: kinta beliin buat kado ultah sama pak suami jenk

      Delete