Monday, October 3, 2016

Serundeng Ayam wijen

Kali ini saya mau masak serundeng.
Makanan yang sering dijadikan lauk pauk di waktu kapan saja. Buat sarapan atau bekal keluarga yang pergi kerja atau ke sekolah, serundeng cocok menjadi lauk pauk cepat saji. Untuk temannya nasi kucing, serundeng juga cucok bangettt.
Serundeng, termasuk makanan khas Indonesia, berbahan utama kelapa yang dikukur atau di parut kemudian digoreng kecoklatan. Serundeng saya, rada beda ya, kelapa parutnya nggak ya.

Kembali ke bicara soal serundeng nan gurih, manis dan pedas. Biasanya serundeng agar lebih nendang rasanya, leezattt sering ditambahkan suwiran daging, ikan atau daging ayam.

Masih di rumah orangtua kampung halaman sampai hari ini,  tiba-tiba Mama saya pengen makan serundeng untuk berbuka hari Senin ini.
Maklumlah, orang puasa lapar mata lapar segalanya...kok tiba-tiba pengen makan serundeng.

Oke deh demi Mama,  hayuk membuat serundeng ayam wijen.

Bahan:
500 gram dada ayam, rebus, goreng setengah matang lalu suwir suwir
150 gram kelapa parut kasar
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan wijen sangrai
25 gram lengkuas, diparut
3 lembar daun salam
3 lembat daun jeruk, buang tulang
daunnya
2 batang serai, memarkan
1 1/2  sdt garam
2 sdt gula pasir
Penyedap rasa
Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
3 sdt ketumbar sangrai
5 buah cabe merah
5 cabe rawit (boleh tambah cabe rawit bagi pencinta pedas)

Cara membuat:
1. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus. Masukkan lengkuas parut, daun salam, daun jeruk dan serai hingga harum.
2. Masukkan suwir ayam, aduk rata. Tambahkan kelapa parut, garam, gula pasir dan penyedap rasa. Aduk kembali sampai benar-benar rata.
3. Tuangkan santan, aduk sampai meresap dan serundeng ayam kering
Terakhir masukan wijen sangrai.
Masak sampai kering dan matang.

Taraaaa...serundeng ayam wijen siap di sajikan dengan nasi panas. Sedappnyee.
Percaya deh.
Selamat  Mencoba.

8 comments:

  1. Wah baru tau ayam juga bisa diserundeng. Aku blm bisa bikin hehe. Ibuku yang biasanya bikin lalu dipaketin ke rumahku. Anak2ku sangat suka serundeng jg.
    TFS resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga tahan lama jenk, asal dipanaskan aja. selamat mencoba ya

      Delete
  2. wiw.. bisa di coba resepnya ni.... enak di kuel-kel sama nasi hangat yummi banget.. bisa buat anak juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas binit buat sarapan, bekal sekolah...serba guna sekali, yang pasti enak sekali

      Delete
  3. Wah sekarang banyak nulis kuliner ya mba, siip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sedang dikampung saya suka masak.mama juga suka.masakan sy...akhirnya berbagi resep dn pengalamana mbak Nefer.

      Delete
    2. Kalo sedang dikampung saya suka masak.mama juga suka.masakan sy...akhirnya berbagi resep dn pengalamana mbak Nefer.

      Delete
  4. Sumpah aku pengen mbak, itu enak pasti :3

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete