Sunday, October 30, 2016

Rempah Tahu

Helloooo, yuhuuuu.... hmmm, tanggal sudah tua nih, dompet ditilik, isinya pasukan bergolok, lelaki tampan berkumis tebal aja...heudeh!

Padahal mah, apa hubungan tanggal tua, saya bukan pegawai  yang digaji pemerintah atau perusahaan, saya mah apaan atuh, perempuan manis, hihihi...produksi boneka dan bantal dekorasi, Lolitoti Huis...*bukan iklan, tapi promosi*
Jadi, yaa gitu deh, nggak ada isilah gajian buat saya sih, kadang sampe lupa, tanggal berapa hari ini.
Etapi, efek tanggal tua juga beimbas pada pembelian produk saya juga. Tetap disyukuri sajalah, rezeki mah nggak lari kemana kalo sudah milik.

Terusss, apa hubungannya rempah tahu dengan tanggal tua?

Sabar, jangan kasih tatapan sianida gitu dong.


Jelas dong, ada. Biasanya supaya 
tetap bisa menyajikan menu makanan hari ini, seorang ibu sangat ahli dalam mengelola keuangan keluarga. Perempuan gitu loh? kasih uang deh eikeh, bisa  buat makan hari ini, bahkan bisa jadi panci. Perempuan memang menteri keuangan keluarga yang hebat...#kibasjilbab.

Tahu, salah satu bahan makanan yang sarat protein dan juga harga terjangkau di berbagai kalangan masyarakat. 

Bosen kalo cuman beli tahu, digoreng dadakan, tentunya yang terasa hanya kedelai saja.
Sekali-kali ibu manis bisa mengolah tahu dengan cara lain, seperti tahu diberi rempah atau rasa yang lain, pasti anak-anak akan suka. 

Tahu dicampur dengan parutan kelapa, karena tanggal tua, nggak saya campur dengan suwiran ayam atau cincang udang, pakai kaldu perasa ayam saja. Tahu cukup dicampur kelapa parut aja, itu aja, udah enak dan gurih. Biasanya adonan tahu, kelapa parut dan bumbu halus dibentuk bulat-bulat, langsung digoreng.
Nah, resep saya tahu berbentuk kotak, karena di rumah orangnya sedikit, adonan rempah tahu di cetak dan kukus. Hasilnya bisa digoreng langsung, sisa rempah tahu dapat disimpan ke dalam kulkas dan tahan 3 hari. Kalo ingin dimakan, rempah tahu digoreng dadakan, dinikmati panas-panas enyoiiii.
Bagi yang diet makan-makan berminyak, hasil kukusan rempah tahu bisa langsung dimakan, rasanya sedap sekali.

RESEP REMPAH TAHU
Bahan
300 gram tahu, dihaluskan
100 gram kelapa parut kasar
2 butir telur ayam
1 sdt kaldu ayam bubuk
Minyak sayur untuk menggoreng

Bumbu halus
3 siung bawanh putih
1/2 sdt ketumbar
3 cabe merah besar
garam dan penyedap secukupnya

Cara membuat
- Aduk rata tahu, kelapa parut, telur, kaldu ayam bubuk dan bumbu halus

- Siapkan cetakan yang sudah diolesin minyak,  ambil sedikit campuran tahu, masukkan dalam cetakan. Kukus selama kurleb 5 menit.
- Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang

Tadaaaaa. rempah tahu siap dinikmati bersama keluarga.Menu rempah tahu, murah meriah, tapiii kelezatannya tiada dua. Berani coba?

2 comments: