Wednesday, October 10, 2018

Taman Kita OREO, Arena Seru Kebersamaan Keluarga Indonesia

Peresmian Taman Kita OREO
I love Bogor, selamat atas peresmian Taman Kita OREO
Satu lagi taman hadir di kota Bogor yang berlokasi di Taman Heulang, Bogor, Jawa Barat.

"Bogor kota sejuta taman, karena taman adalah oksigen jiwa, karakter warga yang suka berkumpul, selalu bersama.
Dengan adanya taman, diharapkan warga tidak selalu pergi mall saja,  tapi warga bermain di taman, lebih murah meriah. 

Di Taman kita bisa saling bergandengan, berpelukan dengan pasangan dalam kehangatan. 
Taman bukan untuk mempercantik kota tapi untuk bersamaan kita. Makanya dinamakan Taman Kita OREO," tutur Bapak Bima Arya, Walikota Bogor saat peresmian Taman Kita OREO (30 September 2018)



Tarian Sunda mengawali acara peresmian Taman Kita OREO, penampilan dari siswa SMKN-1 Bogor.


Taman Kita Oreo resmi dibuka
Acara dilanjutkan dengan mengunting pita rangkaian melati secara serentak oleh Walikota Bogor, Rick Lawrence selaku Biskuit Marketing Director Mondelez South East Asia dan Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumkim Kota Bogor, Agus Gunawan, pada jam 8.45 WIB.

Suasana Taman Kita Oreo, taman ramah warga dan banyak permain anak dan olaharaga
Hari Minggu pagi hingga siang, warga Bogor, keluarga Mondelez Indonesia, beberapa media merayakan keseruan bersama Taman Kita OREO dengan disajikan berbagai permainan dan panggung serta menghadirkan DR. Juneman Abraham, S.Psi, seorang ahli Psikologi Sosial.

Taman Kita OREO

OREO, brand biskuit dari Mondelez Internasional selalu menciptakan keseruan kebersamaan bagi keluarga Indonesia.
Mondelez Internasional berinisiasi dengan Pemerintah Kota akan menghadirkan 12 Taman Kita OREO pada tahun 2018.

Taman yang dilengkapi berbagai sarana yang dirancang secara khusus untuk mendorong masyarakat bermain  dan saling berinteraksi.

Peresmian Taman Kita OREO pertama kali di kota Depok, kemudian Bogor dan dilanjutkan di kota-kota di Indonesia (Bekasi, Solo, Semarang, DI Yogjakarta, Kudus, Tegal, Purwokerto, Bandung, Pacitan dan Bondowoso.

Taman Kita OREO berdiri di atas tanah seluas 800 meter persegi, dirancang seiring dengan misi visi pemerintah dalam mendorong terciptanya masyarakat lebih sejahtera melalui penyediakan ruang terbuka hijau dan menciptakan kebersamaa antara masyarakat yang dapat  memfasilitasi indahnya keberagaman, sesuai dengan ragam konsumen OREO yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat

Latar belakang Taman kita Oreo karena semakin meningkatnya kebutuhan ruang terbuka hijau seiring dengan perubahan life style masyarakat yang semakin dipengaruhi oleh pengunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah hasil study, We Are Sosial (2018) menunjukan rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia dalam menggunakan media sosial setiap harinya mencapai 3 jam 23 menit. Penelian tersebut menyebutkan bahwa hampir 50% penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna aktif media sosial.

Maggie Effendy, selaku Head of Biscuit, Mondelez Indonesia menuturkan:
"OREO menyadari tingginya penggunaan tehnologi dapat membuat komunikasi antar masyarakat menjadi 'semu' atau sebatas di dunia maya. Fasilitas yang mendorong sosialasi nyata dibutuhkan untuk menjaga keakraban masyarakat."

Cap Tangan tanda komitmen merawat taman bersama
Kenapa dinamakan Taman Kita OREO
Kata kita memiliki dua arti; 


  1. Fasilitas yang dapat memaksimalkan interaksi seru antar sesama penguna, seluruh permainan yang dirancang untuk dimainkan lebih dari satu orang sehingga mendorong tercipta kebersamaan 
  2. KITA juga merujuk pada kepemilikan dari taman kita OREO, yaitu seluruh masyarakat dan PemKot Bogor diharapkan ikut menjaga Taman Kita OREO.

Walikota Bogor dan Park Ranger
Taman memang mudah dibuat tapi yang tersulit adalah menjaga dan merawatnya , untuk itu dibentuk Pasukan Penjaga Taman(Park Ranger) yang selalu siap menjaga taman bersama warga agar tetap semangat merawat taman tetap rapi dan bersih

Manfaat Taman bagi kita.
Florence Williams dalam bukunya The Nature Fix(2017) menjabarkan sejumlah penelitian manfaat melakukan aktivitas di ruang terbuka hijau/taman selama 15 menit dapat membuat kita merasakan lebih bahagia.
Berada di ruang terbuka dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang terasosiasi dengan pemikiran negatif,sehingga membantu kita untuk bisa berpikir secara positif serta saat berada di taman terbuka hijau membuat memori dan kreatifitas kita lebih meningkat.
Ada yang asik main games, anak milinia yaaa begini.
Sesi Parenting, audience rata-rata antusias sekali, karena menghadapi era dunia virtualisasi yang semakin merajarela, khususnya anak-anak, lebih cenderung suka bermain dengan gadget kalaupun mau keluar itupun maunya ke Mall, tetap saja, tidak ada interaksi sesama teman.

Coba bandingkan anak dulu dan sekarang. 

Anak jaman dahulu, suka bermain di luar rumah bersama teman, kalau ngga dicari Mamak, seharian lupa pulang.
Sebaliknya, anak jaman sekarang, disuruh main keluar rumah, susah sekali, lebih asik main games di rumah,nyaman menyendiri tanpa interaksi dengan teman sebaya.

Sungguh  berat beban  orangtua jaman sekarang.
Padalah, menurut Dr. Junaeman Abraham, S.Psi: manusia sebagai makluk sosial, beraktivitas.di taman terbuka hijau lebih efektif untuk kesehatan mental.

Nah, itulah perlunya taman tematik dibangun seperti Taman Kita OREO yang tujuan utamanya kebersamaan dan saling berbincang satu sama lain.

Ada dua kelompok yang mempergunakan taman karena mobilitas yaitu anak-anak dan orangtua.
Dengan bermain di taman anak-anak akan mengenal keberagaman orang jadi saling percaya dan melatih motorik. Bermain di taman juga menawarkan kedalaman berinteraksi yang semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat akan pencitraan terutama di dunia maya.

Mendengar kata DR.Junaeman yang masih muda itu, saya jadi malu sendiri dan tersadar, memang pencitraan di dunia maya itu nyata, foto berkali-kali yang diupload cuman satu yang terbaik. Bener kan, semu semua.

Perlu kita ketahui, ada perbedaan Taman Kita Oreo dengan taman yang lain, sejak dirancang Taman Kita OREO memang stimulasi penguna untuk saling berinteraksi satu dengan yang lain Taman Kita OREO, sebagai taman bersama dalam keberagaman, hal itu ditandai dari Wall Welcome.

Setiap orang punya cara menikmati yang berbeda namun intinya sama, Seruuuu dalam kebersamaan. Perhatikan, setiap orang punya cara makan biskuit Oreo beda-beda. Ada yang suka biskuitnya di hancurkan menjadi remahan, ditumpuk, krim, pokoknya: serunya ke beragaman. Putar, jilat dan celup pada segelas air susu, Nah itulah yang ingin dihadirkan taman Kita OREO, seru dalam keberagaman, ramah keluarga, banyak permainan sekaligus berolahraga.

Beberapa sarana utama di taman Kita OREO yang dapat dimanfaatkan segala usia, antara lain area permainan Putar( twist), Jilat (Lick), Celup (dunk).

TWIST 
Sebuah arena permainan untuk anak berbentuk putaran dari besi seperti menara dengan tiga sisi anak tangga. 
Dari awal taman ini ditujukan untuk saling interaksi. Twist dilakukan dengan pemain 3 atau 4 orang, dengan bobot 200 kg.
Anak-anak akan saling berinteraksi dengan memilih berdiri di depan warna yang mereka suka. 

Mereka saling berlomba untuk bisa mencapai gambar biskuit yang berada di atas. Keseruan Twith ini ada teman lain yang berada dibawah untuk memutar permainan ini.

LICK

Arena bermain khusus anak anak berbentuk tiga luncuran yang berdampingan. Di sini anak-anak diajarkan disiplin agar antri menaiki tangga di belakang untuk menuju ke atas. 
Lick juga mengajar mental yang kuat bagi anak-anak untuk berani meluncur. Serukan!

DUNK 
Mr. Rick Lawrence menjajal permainan Dunk
Arena bermain untuk remaja berupa tiga ring bola basket yang dipasang berjajar. Didepannya ada lingkaran yang menunjukan angka point.
Pilih dan berdiri di atas point yang ada, kemudian secara bergantian melempar bola ke jaring , dan dapatkan point
Bagi yang terbanyak pointnya, itulah sang juaranya.

Selain ketiga arena bermain anak, terdapat pula fasilitas lain, yang juga seru seperti arena bersantai dan interactive jogging track yang mendorong masyarakat untuk berinteraksi langsung sambil berolah raga, wall welcome untuk yang suka swafoto, tempat yang cocok untuk beraktifitas bersama teman dan keluarga.
leyeh-leyeh sembari merenung, sapa tau mendapat jodoh

Backgraund yang cakep untuk selfie

Berjalan di jalan jaring memang penuh rintangan kudu sabar
Ada satu cara menambah keseruan beraktivitas bersama di Taman Kita OREO.


Mau tau?

"Selalu membawa serta OREO kemasan sachet isi 3 yang praktis untuk dinikmati dimana saja, kapan saja, harganya terjangkau Rp 1.500,- Kami juga mengajak masyarakat untuk turut serta berkonstribusi dalam regarakan merenovasi taman kota melalui pembelian Oreo sachet ini." tutur Rachel Angelina, selaku Brand Manager Treats Modelez Indonesia.

Akhirnya acara ditutup dengan kuis dan makan siang. 
Ingin tetap memelihara kesehatan mental.
Yuk ah, bermain ke Taman Kita OREO, di pastikan ada saya di sana. 
Bahagia melihat anak-anak bermain dan sepasang kakek nenek berdua sembari menikmati biskuit OREO, twist, luck and dunk.

Salam manis dari yang sudah manis
- Een Endah -



























No comments:

Post a Comment