Sunday, April 24, 2016

Friskies Catventure : Taman Bermain Kucing untuk Keluarga Indonesia

"Ini kucing punyamu ya, Nak," tanya saya sambil membelai kucing di pundak gadis kecil. 
"Iya..Ini namanya, Casper," sahutnya dengan bangga. Ia tersenyum lebar dengan lukisan kucing di wajahnya mirip warna kucingnya, kuning. 
"Sayang atau cuman senang dengan Casper?" lanjut saya penasaran.
"Sayang bangettt" Viona membelai mesra Casper. 
Senyum manis si gadis cilik
Mendengar jawaban itu, sebagai catslover, hati saya menjadi lega. Bagi saya, kucing bukan sekedar binatang di kala senang saja, bosan langsung dijual atau dibuang, kucing adalah bagian keluarga, yang dirawat dengan sepenuh hati.

Viona si gadis kecil ini sudah memaknai arti kasih sayang dan mau berbagi dengan peliharaannya. Buktinya sedari pagi, rela datang bersama kucing di acara catventure.


Sabtu, 17 April 2016, di Bintaro Xchange Mall, Frieskis hadirkan catventure, sebuah arena bermain mengajak keluarga Indonesia mengenal dan bermain bersama kucing peliharaan mereka.

Suasana Mall sangat ramai, pencinta kucing melebur bersama, diadakan house ruler catventura, rasanya tak heran pencinta kucing ramai mendatang tempat ini. Berbagai jenis kucing, ras, domestik bahkan ada satu kucing bengal

Ada syarat yang harus dipatuhi catslover untuk mengikuti house ruler catventura;
- Kucing yang datang wajib mengenakan cat harnes dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemilik.
- Untuk mengikuti berbagai cara diperlukan event passport. Even passport dapat diperoleh dengan menukarkan struk pembelian Friskies periode 3-17 April 2016 senilai Rp. 50.000,- dan berlaku kelipatannya.
- Ada Free dry gromingg untuk 100 peserta pertama yang mengunjungi cat dry grooming booth, layanan perawatan kucing sepertu pembersihan bulu, telingga dan potong kuku.
- Setelah mendapat event passport, kucing wajib mengikuti cek kesehatan oleh dokter hewan yang disediakan penyelenggara. Dengan catatan, hanya kucing sehat dan tidak sedang loop yang boleh berada di area catventure.
Periksa kesehatan dulu, ya.
Sejam sebelum acara utama, sesi bincang-bincang dengan Psikolog Keluarga dan Anak, Sani B.Hermawan, Psi selaku Direktur Lembaga Psikologi Daya Insan dan Dokter hewan  Nyoman Sakyarsih, acara ini sekaligus peluncuran kemasan baru Friskies.
Sambil menunggu waktu, saya berkeliling di booth areal catventure.
Bermain sambil belajar



Antusias, antri demi wajah dicat gambar kucing

Ada taman bermain anak untuk menanamkan perduli kucing  sejak dini, anak-anak diajak mewarnai gambar, ada pula restoran kucing, yang paling ramai di booth cat painting, antrian anak-anak yang tak sabaran untuk melukis wajah dengan gambar kucing kesayangannya.
Sesi bincang-bincang
Tepat jam satu siang, acara  Friskies Catventure mulai, dengan dibuka oleh Country Business Manager for Nestle Purina Petcare, Thomas Aquinas Nugroho.

"Friskies baru memiliki kandungan protein, kalsium, antioksidan untuk sistem imun, vitamin A dan taurin untuk kesehata mata, asam lemak omega3 dan omega 6 untuk memelihara kesehatan bulu dan kulit serta prebiotik untuk memelihara kesehatan pencernaan dan mengurangi hairball," tutur Mas Nugi, nama panggilan Thomas Aquinas Nugroho.

Keunggulan lain, hairball(gumpalan bola bulu) yang biasanya keluar melalui muntahan kucing, untuk produk baru Friskies akan dikeluarkan bersama kotoran kucing, lebih praktis hingga bulu tidak mengumpal dan menumpuk di usus besar kucing.
Lima produk baru Friskies 

Lima Varian FRISKIES dibagi menjadi:
1. Kitten Discoveries 
makanan untuk anak kucing usia 0-10 bulan dengan rasa: ayam, ikan, susu, sayur-sayuran dan biji-bijian.
2. Indoor Delights 
makanan kering untuk kucing yang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, megurangi bau kotoran kucing, mengatasi hairball dan mengandung prebiotik.
3. Seafood Sensations
dengan rasa : tuna, salmom, udang, kepiting dan rumput laut.
4. Meaty Grills
dengan rasa: daging sapi, ayam dan sayuran.
5. Surfin & Turfin favorites
dengan rasa daging ayam, ikan salmon, kepiting dan daging sapi. 

Untuk lebih jelas lagi,  yuk cari tahu tentang perusahaan pembuat pakan binatang khususnya kucing dan anjing.

Tentang Nestle Purina.
Purina didirikan di St.Louis, Missouri, USA oleh William H Danforth pada tahun 1894. Tahun 1926, Purina Petcare dibentuk dan merupakan perusahaan pakan binatang pertama di Gray Summit.
Purina bergabung dengan Nestle menjadi Purina Nestle petcare pada tahun 2000 dan hingga kini menjadi World Leader dalam inovasi produk.

Produk Purina yang kita kenal di Indonesia ada dua produk super premium dengan merk Pro Plan(pakan untuk anjing dan kucing) dan Fancy Feast(Pakan  utntuk kucing). Dan juga produk premium di bawah bendera Friskies(pakan untuk kucing) dan Alpo(pakan untuk anjing)

Tentang Purina Frikies.
Friskies merupakan jenis pakan kering hadir berbagai macam produk, dan sekarang meluncurkan kemasan baru yang memiliki keunggulan, hadir dalam lima varian rasa dengan formula lebih disempurnakan untuk memenuhi asupan gizi kucing.

Mengapa kucing bermanfaat dalam membangun kedekatan emosional pada keluarga?

Mbak Sani B.Hermawan, Psi memaparkan, dengan memiliki hewan peliharaan akan meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan anak.

Dari awal, saya tadi juga bertanya pada si gadis kecil, Viona, apakah memelihara kucing hanya didasari rasa senang atau sayang. Dia menjawab,memelihara Casper kucing karena sayang. 
Ini diamiinkan oleh mbak Sani. Hewan peliharaan seperti kucing harus dianggap sebagai bagian anggota keluarga yang dapat membangun afeksi sehingga memunculkan sikap care, empati dan ikatan batin kuat dalam membagi peranan antara anggota keluarga. Tentunya dalam membagi peran disesuaikan dengan usia anak.

Menurut hasil penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology, memelihara kucing bisa meningkatkan self esteem yang tinggi dibandingkan anak yang tidak memelihara hewan peliharaan.
Kucing bisa menjadi sarana sikap positif yaitu sebagai menumpahkan rasa sayang dan belajar disiplin.  Kehadiran kucing ditengah keluarga berdampak semakin saling mengenal satu dengan yang lain di keluarga karena ada satu yang terperhatikan( pusat perhatian). Ditambahkan, ketika seorang anak menyentuh bulu halus kucing, maka akan tertansfer banyak emosi yang positif, mebangun kedekatan dengan tertawa bersama melihat kelucuan kucing, berkomunikasi bersama, menimbulkan rasa perduli sesama makhluk Allah dan meningkatkan ketenangan jiwa anak.

Bagi saya pribadi, kucing di rumah itu ibarat anak sendiri. Alangkah senangnya, saat tiba di rumah, membuka pintu, ada yang menyambut dengan gembira, satu per satu ingin digendong dan dibelai. Alangkan nikmatnya hidup ini, hanya karena seekor atau kucing. Saya punya 6 ekor indoor dan 4 ekor kucing outdoor, semua kucing domestik yang membawa sejarah yang mengharu biru.

Sesi bincang-bincang dilanjutkan dengan dokter hewan idola saya, Drh Nyoman Sakyarsih dikenal sebagai Drh Nyomie dikalangan catslover, beliau pendiri klinik hewan Pet Smile.

Kucing adalah Hewan Karnivora Sejati

Apa maksudnya?
Kucing adalah hewan karnivora sejati(murni) atau sempurna yaitu hewan karnivora yang hanya dapat memproses makanan yang mengandung protein dan lemak untuk menjadi zat yang dibutuhkan  dalam tubuh.
Jadi, memberi makan kucing nasi (Karbohidrat) dan susu mengandung laktosa adalah kesalahan selama ini, karena dalam usus kucing tidak terdapat enzim untuk memproses karbohidrat, berbeda dengan anjing yang masih bisa memakan nasi.
Pantes saja, kucing kalau diberikan nasi, kotorannya akan menjadi lembek dan berbau penyengat, kadang disertai diare.

Perbincangan yang menarik dan membuka wawasan.
Ada seorang Blogger, Agung Han, menanyakan, dahulu kucing dikampung memgembangkan naluri alaminya dengan mengejar dan memakan tikus, apakah boleh kucing memakan tikus?

Untuk kucing stray, prilaku alami masih sangat bisa, namun perlakuan berbeda dengan kucing yang indoor, benar-benar berada di dalam keluarga. Umumnya tikus bisa menularkan penyakit pada kucing berupa bakteri leptospira sp dan otomatis akan berimbas pada anggota keluarga. 

Untuk mencegah hal itu terjadi, alangka baiknya kucing diberikan pakan yang sehat dan mencakup penuhan nutrisinya. Untuk pemberian makanan kering pada kucing harus dipastikan pemberian minuman yang cukup, karena pemberian dryfood(kibbles) yang kurang diimbangan  dengan air minum dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi berlebihan, istilahnya kucing akan mengalami kencing batu.

Ada yang tidak boleh dilakukan dalam pemberian makanan pada kucing.
Donts 
Nasi, parasetamol, ikan mentah, bawang, susu. alkohol. Anggur, kismis. Coklat, kafein. 
Permen, telur mentah, tulang, dogfood, hati dan ragi  
Drh. Nyomie menuturkan," Saat ini, masih banyak pemilik kucing di Indonesia cenderung sembarangan dalam memberikan makanan untuk kucingnya. Pemberian makanan sisa seperti nasi yang belum tentu terjaga kebersihan dan kandungan gizinya. Padaha, gizi yang tepatt dapat menjaga kesehatan kucing untuk jangka panjang"
Sesi foto di akhir acara
Friskies catventure memberikan kembali pada konsumen setia, pentingnya seekor kucing bagi personal dan keluarga. Untuk kesehatan dan pertumbuhan kucing makan pemberian kibble akan memberi nutrisi yang baik, kemasannya yang fun, rasanya yang lebih lezat dengan lima varian, berpatokan pada standar Internasional.

Puas dengan acara ini, saya mampir untuk membeli Parttu mix cat snack crunch dengan tiga varian rasa, beachside, clasic dan cheesy crase. Satu kemasan seharga Rp. 20.000,-
Sampai di rumah, bener juga, kucing itu tau bener yang rasanya enak dan crunch, dengan semangat kucing saya menikmati snack di sore hari.


Ayo perduli, dibuka donasi untuk Dogs Gunung Sindur. Help!

Akhirnya ketemu juga dengan Drh. Nyomie. Abaikan wajah lecek saya











12 comments:

  1. Baru tahu kalau kucing gak boleh diberi makan nasi dan susu. Thanks sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...saya kasih kepala ayam di rebus aja dan kibbles

      Delete
  2. akhirnya bisa bersua dengan mbak Een Endah
    salam sehat dan semangat mbak
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal pula, eh, akhirnya berjumpa juga ya. Maaf namanya dicatut di postingan saya. Salam

      Delete
  3. wah dulu klo ada kucing meong2 lapar suka dikasi nasi+tongkol.. ngga boleh berarti yaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali boleh, karena pada dasarnya, kucing dirumah makanan favoritnya nasi dicampur tongkol,kayanya seneng banget. Saya juga kasih, tapi tidak tap hari, karena pupnya akan menyengat bau dan mencret

      Delete
  4. Sharing yang Bermanfaat mbak pas banget buat mereka yang suka kucing :)

    ReplyDelete
  5. Dulu jaman saya kecil sayang banget mba sama kucing, pelihara sampe banyaaaakk... Sekarang udah ga pelihara lagi krn ga sanggup ngerawatnya. Dan beneran nih baru tau soal ga boleh ngasih nasi ke kucing. Waaahh... kurang informasi ya saya.

    ReplyDelete
  6. Ayuk jadi penyayang kucing, bukan hanya senang kucing hehehe

    ReplyDelete